Laman

Senin, 30 September 2013

Single's Diary : Balada Jomblo Kondangan Sendirian



By : Arumi E.

Sebagai high quality jomblo, gue hepi-hepi aja menjalani hidup. Kadang ada banyak enaknya juga jadi jomblo. Nggak ada yang ngelarang mau pergi ke mana aja. Nggak ada yang perlu dicemburuin. Cuma repotnya jadi jomblo, gue yang pada dasarnya hobi nonton bioskop, semenjak jomblo, gue jadi jarang nonton bioskop. Kecuali kalo ada temen cewek sesama jomblo yang mau diajak nonton bareng. Atau jika terpaksa banget, gue nonton sendiri walau akhirnya sering merasa keki melihat pengunjung bioskop yang lebih banyak nonton sama pasangannya.

Selain nggak punya temen nonton bioskop, nggak enaknya jadi jomblo juga gue rasakan setiap gue nerima undangan pesta pernikahan temen. Nggak asyik banget rasanya kalo harus kondangan sendiri. Tapi mau ngajak siapa lagi, temen-temen gue udah kondangan sama pasangan masing-masing. Adik cowok gue nggak mau diajak nemenin kondangan. Ngajak bapak gue lebih nggak enak lagi. Karena itulah gue malah bersyukur kalo nggak diundang nikahan temen gue. Artinya gue terbebas dari kebingungan nyari temen kondangan.

Pengalaman kondangan sendirian pernah gue alamin saat gue diundang menghadiri resepsi pernikahan temen deket gue semasa SMA. Gue harus dateng, karena kalo nggak dateng, bisa-bisa gue dipecat jadi temen. Masalahnya, dia temenan sama mantan gue. Dan dia pastinya mengundang mantan gue itu. Sementara gue males banget ketemu mantan gue itu karena sejarah masa lalu gue putus hubungan dengan cara menyakitkan. Tepatnya, gue diputusin hanya melalui sms. Sakitnya sampe berasa ke tulang sum-sum. Sejak itu gue bersumpah nggak mau kenal dan sebisa mungkin nggak ketemu dia lagi.

Tapi pernikahan teman SMA gue ini bakal jadi peluang gue ketemu dia lagi. Itulah yang bikin gue ragu untuk dateng, tapi gue terpaksa harus dateng. Andai gue nggak jomblo, andai gue punya pacar yang bisa diajak nemenin kondangan, mungkin gue nggak akan terlalu kalang-kabut. Gue sungguh nggak mau terlihat sebagai “loser” dalam pesta pernikahan itu karena kabar burung yang gue denger, dia udah menikah dan punya seorang anak. Sumpah, gue nggak mau ketemu dia dalam keadaan jomblo. Gue bakalan terlihat begitu merana kalo gue dateng kondangan sendirian. Gue pun pusing tujuh keliling mikirin siapa cowok yang mau gue ajak nemenin ke pesta pernikahan temen gue itu.

“Kira-kira Deka mau nggak ya gue ajak nemenin kondangan?” pikir gue ngebayangin Deka cowok temen kantor gue.

Tapi gue malu ngajaknya. Setelah gue pikir bolak-balik ribuan kali, akhirnya gue putusin nggak jadi ngajak Deka. Takutnya entar dia ngira gue punya maksud-maksud tersembunyi ngajak-ngajak dia. Daripada difitnah ada udang di balik bakwan, mendingan nggak usah ngajak Deka. Jadi ngajak siapa dong? Gue nekat deh ngajak adek cowok gue.

Gue : Wi, lo mau nggak makan enak?
Adek : Makan enak mah mau aja, makan enak di mana?
Gue : di gedung…
Adek : Gedung mana?
Gue : Gedung kawinan.
Adek : Maksud lo kondangan?
Gue : Iya…
Adek : Nemenin elo kondangan? Ogah amat…
Gue : Tapi kan makan enak gratis…
Adek : Biar gratis tetep aja ogah, bisa turun pasaran gue kalo nemenin elo kondangan.

Bener-bener adek yang nggak bisa diharapkan. Gue pun semakin bingung mau kondangan sama siapa. Dengan sangat terpaksa, gue mutusin dateng kondangan sendirian. Gue bertekat nggak mau lirik kanan kiri. Dateng, salaman sama temen gue beserta suaminya dan orangtua mereka, foto, langsung pulang. Jangan sampe gue pas-pasan sama mantan gue itu.

Dengan menegarkan hati, gue pun berangkat ke gedung tempat resepsi pernikahan temen gue itu. Sengaja datengnya gue telat-telatin, biar nggak perlu lama-lama di sana. Yang penting setor muka dan ngasih angpao.

Sampe tempat resepsi, acara udah berlangsung satu jam. Gue isi daftar tamu, masukin amplop, lalu menuju penganten untuk salaman.

Gue : Selamat ya, Non. (cium pipi kiri kanan)
Temen gue :  Makasih ya. Dateng sama siapa?
Gue : Sendiri aja.
Temen gue :  Sendiri? Nggak ngajak pacar? Kenalin dong pacar lo…”

Gue pun nyengir getir.

Gue :  Belum punya pacar.
Temen gue : Masa? Udahlah, elo cari calon suami  jangan milih-milih…Makan dulu deh, entar foto-foto yaa…

Gue cuma mengangguk. Enak aja nggak milih. Beli baju aja milih, apalagi cari suami. Semula gue mau langsung pulang aja, tapi pas gue ngelewatin meja prasmanan, ngiler juga liat kakap goreng tepung saos asem manis favorit gue. Apalagi ada sate ayam, udang bumbu saos Padang, mie goreng ala Hongkong, oh lala, sayang banget kalo nggak diembat. Maka gue putusin deh makan dulu. Gue milih tempat dipojokan yang tersembunyi. Gue lagi enak-enaknya ngunyah pas gue liat seorang cowok yang rasanya gue kenal. Oh-em-ji, itulah dia mantan gue! Gue buru-buru berbaur ke dalam kerumunan tamu, menghindar sejauhnya dari dia.

Yang paling menyakitkan jadi jomblo adalah ketemu mantan yang keliatan makin oke dengan hidup yang keliatan perfect. Bener-bener menyiksa deh. Itu pula yang gue alamin. Dari kejauhan, gue liat seorang cewek nggendong anak cowok menghampiri mantan gue itu. Mantan gue itu langsung mengambil alih anak cowok yang kira-kira baru berumur tiga tahun sementara cewek itu ngambil makanan.

Gue menghibur diri dengan pura-pura cuek dan ngambil makanan lain. Lalu gue mencari tempat tersembunyi supaya nggak mudah terlihat. Saat gue mau ngambil minum, buru-buru gue berbalik dan ngumpet di balik tiang karena gue liat mantan gue lagi menuju ke tempat minum juga. Duh, ini bener-bener kondangan paling nggak nyaman. Masa gue harus kucing-kucingan sama mantan gue itu. Ah, andai aja gue nggak jomblo, andai ada pacar ganteng di samping gue nemenin gue di sini, gue nggak perlu ngumpet seperti ini. Gue berbalik dan mutusin ngambil salad aja.

Lagi asyik-asyiknya makan salad, nama gue dipanggil secara lengkap kenceng banget. Gue tersentak kaget. Ampun deh temen gue itu. Tega banget nyebutin nama gue pake mikropon. Gue berharap mantan gue nggak denger nama gue dipanggil. Demi temen gue itu, gue pun mendatangi pelaminan. Ternyata temen gue itu manggil gue buat diajak foto bareng. Untunglah temen gue cukup ngerti untuk menjaga perasaan gue. Dia nggak iseng manggil mantan gue juga buat diajak foto bareng.

Setelah gue selesai difoto, segera gue kembali menyembunyikan diri di kerumunan tamu. Dari kejauhan gue liat gantian mantan gue beserta anak istrinya yang dipanggil ke panggung pelaminan dan foto bareng pengantin. Ah, keki banget gue rasanya. Makin berasa deh nelangsanya jadi jomblo.
Nggak tau apa karena gue keliatan celingak-celinguk sendirian, tau-tau ada bapak-bapak muda bawa kamera negor gue. Kayaknya sih dia salah satu fotografer pernikahan temen gue ini.

Fotografer : Sendirian?
Gue : (menatap curiga) Nggak, sama temen…
Fotografer : Kok dari tadi temennya nggak keliatan?
Gue : (makin curiga males menatap) Lagi sibuk makan.

Sebelum tuh fotografer nanya-nanya lebih lanjut, buru-buru deh gue ngeloyor pergi menjauh. Baru beberapa langkah, gue ketemu kakaknya temen gue yang nikah itu.

Kakak temen : Eh, kamu…apa kabar? Sama siapa?
Gue : Sendiri mas.

Haduh, kenapa sih semua nanya gue dateng sama siapa? Emangnya nggak boleh ya dateng kondangan sendirian?

Kakak temen : Kok sendiri?
Gue : (menahan manyun) Yang lain lagi ada acara lain.
Kakak temen : Pacarnya nggak diajak?
Gue ; (mendadak pusing) Belum punya pacar mas…
Kakak temen : Oh…masih jomblo…

Gue nyengir terpaksa.

Kakak temen : sama dong…

Gue semakin nyengir, buru-buru permisi mau minum dulu. Bener-bener gue kapok deh kondangan sendirian gini. Sumpah, lain kali kalo nggak ada yang nemenin kondangan, mending gue nggak usah dateng aja.
Dan apes gue masih berlanjut. Secara gedung pesta nikahan itu ibarat cuma selebar daun kelor, akhirnya gue pas-pasan juga sama mantan gue itu. Gue melongo, dia juga melongo. Buru-buru gue masang tampang sok cantik. Tapi tuh mantan gue malah balik kanan terus pergi menjauh. Alamak, gue ditinggal begitu aja. Apa dia lupa ini adalah gue? Apakah dia nggak mengenali gue yang semakin cakep ini?

Tapi gue nggak mau berkubang dalam duka. Dia pura-pura nggak kenal, maka gue juga pura-pura nggak kenal. Tau gitu ngapain juga dari tadi gue berusaha ngumpet. Tau dia nggak ngenalin gue (atau kenal tapi pura-pura nggak kenal) segera aja gue ngambil makanan yang belum sempet gue cobain. Sekarang gue bisa makan dengan tenang dan lahap. Nggak peduli dia ngeliat gue atau nggak. Karena ternyata setelah dia ngeliat gue pun dia tetep nggak peduli. Ihiks!
 Setelah puas makan, gue pamitan sama temen gue yang nikah itu.

Gue : Gue pamit dulu ya…sekali lagi selamat.
Temen gue :  Makasih ya…lo cepetan nyusul ya…
Gue : Insya Allah…
Temen gue : Kalo ada cowok yang ngelamar, terima aja…
Gue : Iya…(pasrah)

Huft, kalo ada cowok yang ngelamar, gue pasti udah nikah dari dulu. Gue pun melangkah keluar gedung itu dengan wajah tegak, tetap tegar sebagai jomblo. Apesnya, keluar gedung, di depan gue berjalan mantan gue dan istrinya nuntun anak mereka. Mengapa selalu ada mereka di mana-mana? Hingga gue terpaksa harus melihat kebahagiaan mereka?# Halah. Gue berhenti dan membiarkan mereka agak jauh.
Setelah mereka nggak keliatan, barulah gue lanjut berjalan keluar komplek gedung itu. Lengkaplah gue sebagai jomblo irit. Kondangan jauh begini, sendirian, naik bis pula. Saat gue menunggu bisa yang lewat, gue kaget karena ternyata fotografer yang tadi negur gue dalam gedung udah ada di samping gue.

Fotografer : Mau pulang ya? Pulangnya ke mana?
Gue :  (paranoid) Pulangnya jauh….

Untunglah sebelum tuh fotografer nanya macem-macem lagi, bis yang gue tunggu udah dateng. Buru-buru gue meloncat naek. Cukup kali itu aja deh gue ngerasain kondangan sendirian ketemu mantan pula.
Jadi jomblo ada enaknya, asalkan jangan sekali-kali kondangan sendirian. Sumpah, nggak enak banget. Pengalaman memilukan ini menjadi pelajaran berharga buat gue. Motto gue selanjutnya:  jadi jomblo, pantang kondangan sendirian.

3 komentar:

  1. Ini lucu bgt 😅... Tp ada benernya juga

    BalasHapus
  2. Hahaha secara random bisa nemu post ini. Gaya ceritanya bagus banget jadi bisa bayangin adegan per adegannya haha

    BalasHapus