About Me


Biografi singkat :

Arumi E. Lahir di Jakarta tanggal 6 Mei. Lulusan Arsitektur dari Universitas Trisakti Jakarta ini hobi melukis sepatu dan menulis cerita fiksi. Kurang lebih 50 cerpen karyanya telah dimuat di berbagai majalah nasional.

Tahun 2005 pertama kali cerpen remajanya dimuat di majalah remaja Aneka Yes!, berjudul "Kucing Misterius". Setelahnya berturut-turut cerpen-cerpen remajanya yang lain dimuat di berbagai majalah remaja seperti Kawanku, Hai, Wonder Teen.

Tahun 2009 mulai menulis cerita anak dan dimuat pertama kali di majalah anak Kreatif, berjudul "Menculik Putri Matahari". Setelah itu berturut-turut cerita anak karyanya dimuat di Majalah Bobo, Majalah Irfan, Majalah Girls, Kompas Anak Minggu dan kumpulan dongeng Bobo serta kumpulan cerita Bobo. Sampai akhirnya kumpulan cerita anak karyanya terbit tahun 2012 berjudul "Zara Sang Detektif Cilik".

Tahun 2011 mulai menulis novel. Novel pertamanya yang terbit berjudul "Saranghaeyo", merupakan novel cerita Korea, yang disusul judul lainnya yaitu : Symphony of Love, Four Seasons of Love, dan Sweet Sonata. Novel-novel tersebut terbit dengan nama pena Karumi Iyagi. Lalu menulis novel cerita Jepang berjudul "Sakura Wish" dengan nama pena Harumi Kawaii.

Baru pada tahun 2013 terbit novelnya dengan nama asli Arumi E. Di  antaranya : Cinta Bersemi di Putih Abu-Abu (Zettu), Tahajud Cinta di Kota New York (Zettu), Amsterdam Ik Hou Van Je (Grasindo), Jojoba (deTeens), Longest Love Letter (Grasindo)

Heart Latte adalah kumpulan cerpen karyanya yang disajikan unik. Terdiri dari 12 cerpen, satu di antaranya adalah cerpennya yang pernah terbit di Majalah Sekar.

Tahun 2014 ini terbit 5 novelnya : Hatiku Memilihmu (Gramedia Pustaka Utama), Cinta Valenia (Elex Media) dan Monte Carlo (Gagas Media), Unforgotten Dream (Elex Media), Pertemuan Jingga (Gramedia Pustaka Utama)

Tahun 2015 terbit dua novelnya : Eleanor (GPU), Merindu Cahaya de Amstel (GPU)

Tahun 2016 terbit Love in Adelaide (GPU), Love in Sydney (GPU)

Novelnya yang berjudul "Tahajud Cinta di Kota New York" akan difilmkan oleh MD Pictures.

Di waktu senggang senang menonton film romantis dan mendengarkan musik The Beatles.
Buat teman-teman yang ingin menyapa, silakan add facebook-nya Arumi E./ facebook , follow Twitter @rumieko, dan instagram arumi_e/ instagram , google+ Arumi E./ google+ Subscribe youtube-nya Arumi E. youtube channel

Facts about me :

* Artis film favorit : Keira Knightley, Christian Bale, Benedict Cumberbatch, Tom Hanks, Robert de Niro karena aktingnya yang piawai dan Keanu Reeves, si tampan sejak lahir yang sampai sekarang tetap terlihat cute dan super ganteng, aktor yang satu ini membuatku kagum dengan kesederhanaan dan ketangguhannya menghadapi segala cobaan hidup.

*Aktor Indonesia favorit :
- Nicholas Saputra. Suka dengan akting dan idealisme-nya, yang selalu bermain di film yang berkualitas dan bisa menggali karakternya walau nggak selalu film komersil. Paling suka melihatnya sebagai Rangga di film "Ada Apa Dengan Cinta?" dan menyimak aktingnya sebagai Soe Hok Gie dalam film "Gie". Selain itu karena Nicho lulusan arsitektur dan seorang petualang alam juga hobi fotografi. Pas banget dengan gambaran cowok dalam novel-novelku ^_^
- Reza Rahadian, aktor Indonesia yang sudah diakui kepiawaiannya berakting. Selalu sukses memerankan karakter apa pun dalam film-filmnya.

* Komik favorit : Detektif Conan, Tintin, Asterix, Lucky Luke

*Film serial favorit saat ini CSI Las Vegas. Ngefans berat dengan CSI Gill Grissom. Suka juga dengan Law And Order Criminal Intent

* Novel favorit : Semua karya Agatha Christie dan semua seri Lima Sekawan karya Enid Blyton, juga kisah-kisah Sherlock Holmes

* Musik favorit : The Beatles dan karya-karya Iwan Fals terutama yang berjudul "Buku Ini Aku Pinjam"

* Senang juga mendengarkan musik klasik dari gesekan biola dan ketukan piano.

* Quotes favorit :

Paling suka bagian : "I am wise because i learn from my mistakes".
Yup, aku pernah salah. Dari kesalahanku itu, aku belajar bagaimana yang benar.
Semoga ke depan, aku bisa lebih baik dalam segala hal.
Let's move on.




Dan ... terbitnya novel baruku di Gramedia Pustaka Utama semakin memantapkanku untuk berkarir sebagai penulis. Aku senang sekali setiap kali mendapat respon dari pembaca yang menyukai tulisanku. Buat yang hobi membaca kisah romantis, siap-siap ya novel terbaruku akan terbit 25 Desember 2014  
"Pertemuan Jingga"




"ELEANOR" terbit Februari 2015



"Merindu Cahaya de Amstel" terbit September 2015








Buku-buku karyaku lainnya yang sudah terbit :



23 komentar:

  1. ass. mba arumi ... saya udah selesai baca buku tahajut cinta di kota new york ,, bagus subhanallah .. seorang dara yg memberikan efek baik pada sahabat , keluarga , dan sekelilingnya ,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa alaikumsalam Wanda,
      Terima kasih ya sudah membaca novelku. Alhamdulillah Wanda suka. Semoga kisah Dara bisa menjadi inspirasi yaa... aamiin... ^_^

      Hapus
  2. Wah..Mbak Penulis Hebat ya !! bisa bagi pengalamannya ngk...SOalnya saya juga baru belajar nulis...N punya rencana pengen nerbitin beberapa naskah saya yang sudah saya selesaikan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ardi, pengalaman menulisku bisa dibaca di kategori Info dan tips menulis. Terima kasih sudah mampir blogku :)

      Hapus
  3. mbak boleh minta emailnya gak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf ya, saya tidak ingin mempublikasikan email saya :) Bisa silakan follow twitter @rumieko, nanti saya follback dan bisa kirim DM. Terima kasih ya ^_^

      Hapus
  4. ass kak..
    aku udah beli nih novel tahajut cinta dikota new york
    belum aku baca..
    soalnya baru beli..
    kayaknya laris kak
    soal nya di GRAMEDIA bnegkulu tinggal 1
    untung aku dapett
    heheehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam Fitra. Waah, terima kasih ya sudah membeli "Tahajud Cinta di Kota New York". Semoga senang membacanya hingga selesai. Karena nanti novel ini akan difilmin loh. Sebelum nonton filmnya, bisa baca novelnya dulu ^_^. Akhir Maret akan terbit lanjutannya :)

      Hapus
    2. sipp..
      kapan nih kak novel tentang keanu reeves..??
      udah gk sabar...

      Hapus
    3. Bukan tentang Keanu Reeves, cuma terinspirasi Keanu Reeves ^_^

      Hapus
  5. mbak arumi, aq kan lagi buat skripsi tentang novel mbak yg Tahajud Cinta di Kota New York, namun biodata mbak g lengkap cma tnaggal lahir saja, bisa tidak saya tau tahun kelahiran nya? dosen saya menyuruh saya untuk mencari nya namun tidak ada di google, :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Tri Andika sudah berkenan menjadikan Tahajud Cinta di Kota New York sebagai bahan skripsi. Mohon maaf, saya memang tidak ingin biodata pribadi saya dishare untuk umum. Saya memang ingin merahasiakan tahun kelahiran saya untuk sementara ini. Nggak apa-apa kan ya? Karena seorang penulis berhak untuk tetap punya rahasia bagi pembaca bukunya :) Menurut saya, tanggal dan bulan kelahiran sudah cukup :)

      Hapus
  6. yang eleanor di film in kak, hehe aku suka banget ceritanya, haha mungkin karena aku suka london kali ya.. coba kalau eleanor do you want to know a secret di film kan bakal jadi yang pertama nonton wkwk *ah lebay
    makasih sebelumnya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Insyirah Ayu, makasih yaaa sudah baca Eleanor. Senangnya kamu suka :) Doakan semoga kelak bisa difilmkan juga, aamiin :)

      Hapus
  7. Mantab karya-karyanya... Top markotop... keren... terus berkarya ya...

    BalasHapus
  8. assalamualaikum mbak arumi, saya mau nanya dong gimana sih biar bisa menulis hebat kayak mbak. saya baru menerbitkan satu novel dan rencana mau mengirim novel saya yang kedua ke penerbit grasindo. kira2 teenlit yg seperti apa ya mbak yg diliat oleh grasindo? tks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam Karina. Harus konsisten menulis terus. Walau mungkin berat harus dipaksakan. Bosa dibaca npvel2 terbitan Grasindo. Dari membacanya bisa diketahui seperti apa yang mereka mau. :)

      Hapus
  9. info nya sangat membantu kak, terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga Alifia sudah berkenan mampir dan membaca isi blog-ku :)

      Hapus
  10. Asalamualaikum.... mba perkenalkan nama aku ida. aku ingin bertanya kepada mba arumi, berharp mba arumi menjawabnya, mba aku kan ingin menulis novel, namun certa-cerita ada cerita yang dr novel novel yang aku baca dan film yang aku pernah tonton lalu aku remix dengan true story juga, yang ingin aku tanyakan apakah itu boleh mba? atau bisa dikatakan plagiat? terimakash untuk jawabannya mba, salam kenal :) oiya btw novel tahajud cintanya kereen, cant wait dan kaget ketika novelnya mau di filmkan, semoga novelnya menjadi semnagat untuk para remaj muslimah ya mba dalm memandang agama, pergaulan dan cinta :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam Ida. Sebaiknya sih kamu berusaha saja membuat cerita yang beda. Supaya nggak ada pihak yang menuduh plagiat, Karena biasanya kalau ada yang mirip nanti dituduh mencontek atau plagiasi. Lebih baik dari kisah true story kamu kembangkan dengan imajinasimu sendiri supaya jadi kisah menarik dan baru. Seperti contohnya novelku yang berjudul Pertemuan Jingga terinspirasi pengalamanku sendiri saat pernah bekerja di perkebunan cabai Megamendung, lalu aku kembangkan dengan imajinasi sendiri menjadi kisah fiksi. Terima kasih Ida, mohon doanya semoga Tahajud Cinta di Kota New York jadi difilmkan. Sekarang masih menunggu kelanjutannya dari PH-nya :)

      Hapus
  11. Assalamu'alaikum, mbak Arumi saya perwakilan dari KajananStudios Developer, ingin mengajak mbak bekerja sama dalam pembuatan aplikasi dan game Android, mungkin novel2 mbak perlu di rancang ke Android untuk versi digital, sebagai alat bantu perkembangan zaman. (y) bisa kontak saya di kajananstudios@gmail.com atau apegensstudios@gmail.com makasi.

    BalasHapus