Laman

Senin, 20 Januari 2014

Catatan Perjalanan 8 : From Jogja To Jakarta



7 Januari 2014

Akhirnya ... Kembali ke Jakarta ...

Begitu sampai di pintu keluar Stasiun Senin, aku berpisah dengan Bulik Tatik, Mbak Nany dan Erma. Mereka akan ke rumah Budeku dulu di daerah percetakan, sementara aku harus kembali pulang secepatnya karena ada email yang harus segera kukirim untuk editorku.

Ah, Jakarta. Pulang ke rumah di pukul setengah 4 sore saja sudah terjebak macet. Masih untung aku dijemput bapakku dengan motor. Masih bisa menyelip-nyelip di antara kemacetan jalanan yang mulai disesaki kendaraan roda empat.

Hm, okay keadaan jalan di sini sangaaaat berbeda dengan Singapura dan Jogja. Welcome to Jakarta, yang sekarang ini kemacetannya sudah tidak mengenal waktu lagi.

Tapi masih ada untungnya lagi, saat itu belum mulai hujan terus menerus setiap hari. Saat itu Jakarta malah sedang panas sekali ...

Sampai rumah, aku segera mengirim email untuk editorku. Ini penting sekali, supaya novelku selanjutnya bisa segera terbit. Ternyata ada sedikit perubahan rencana, Sepertinya penerbitannya akan diundur bulan berikutnya. Nggak apa-apa deh, yang penting segera terbit di awal-awal tahun ini. Aamiin.

Keesokan paginya, tepatnya pukul 4 pagi, Mei sepupuku dari Jogja sudah datang bersama anaknya Marianqa. Mereka baru saja berlibur selama seminggu di rumah kakek dan nenek Marianqa di daerah Depok.

Sorenya, rombongan Mbak Nany, Erma dan Bulik Tatik juga datang ke rumahku. Mereka dari daerah Pondok Cabe seusai menjenguk ibunda Mbak Nany.

Wuaaah, asyiiik, makin rame. Dimulailah liburan tahap ke berapa yaa? Ketiga atau keempat >.< Saking banyaknya liburan kali ini ;)

Kami berdiskusi, sebaiknya jalan-jalan ke mana, kami hanya punya waktu seharian besok, karena lusa Bulik Tatik, Mbak Nany, Erma dan Mei akan kembali ke Jogja.

Setelah menimbang-nimbang, Mei punya usul ke Monas saja, karena Marianqa, keponakanku yang baru berusia 5 tahun itu belum pernah melihat Monas.

Sepertinya itu usul yang bagus. Yang terpenting adalah kebersamaan kami, Monas cukup asyik juga kok, walau sampai sekarang lift untuk mencapai puncak Monas belum selesai direnovasi.

8 Januari 2014


Hari itu, Jakarta masih cerah, bahkan cenderung panas. Sebelum kami menuju Monas, adikku mengajak kami makan es krim di toko es krim legendaris di Jakarta, Ragusa. Setelah selama ini aku hanya mendengar tentang es krim ini, akhirnya merasakan juga rasanya.

Setelah puas makan es krim, kami segera menuju Monas. Sudah lama aku tidak menyambangi Monas. Rasanya kok terlihat berbeda ya, lebih gersang dibandingkan terakhir yang kulihat. Maksudku, Taman yang ada di sekeliling Monas dulu rasanya ditumbuhi rumput hijau dan tanaman hias, kenapa kali itu meranggas?

Karena kereta yang mengantar pengunjung Monas dari pintu gerbang menuju pintu masuk Monas penuuuh sekali antriannya, kami memutuskan berjalan kaki saja. ternyata jauh juga yaaaa.... ^_^

Tapi kami tetap bersemangat, yang penting kami nikmati saja kebersamaan kami ini.

Kami semua sudah pernah ke Monas, tapi ini menjadi pengalaman pertama buat Marianqa melihat Monas. Keponakanku yang masih TK itu terlihat sangat antusias. Juga saat naik menuju cawan Monas. Dari cawan Monas, kami melihat pemandangan aneh, ada pocong mejeng di tepi jalan yang menuju pintu masuk Monas di tengah hari bolong!

Saat Marianqa kuberitahu ada pocong tengah hari bolong, dia langsung antusias ingin melihat si pocong dari dekat. Waah, malah nggak takut yaaa...

Kebetulan kami memang tak lama berada di cawan, yang penting Marianqa sudah melihat tempat itu seperti apa. Kami pun turun kembali. Tujuannya? Mendekati sang pocong ...

Ternyata itu adalah orang yang berdandan menjadi pocong. Siapa saja boleh berfoto setelah membayar seikhlasnya, dimasukkan ke kotak yang disediakan dekat tempatnya berdiri.

Hm, kreatif juga caranya mencari uang. Selain pocong, di sebelah pocong ada laki-laki yang berdandan sebagai Kuntilanak lengkap menggendong boneka sebagai anaknya.

Lalu satu lagi ada tentara berwarna biru. Yang ini mirip seperti yang beraksi di kota tua Jakarta. Hanya saja yang di kota tua, tentaranya berwarna hijau.

Marianqa agak malu untuk berfoto, tapi setelah ditemani ibunya, dia mau juga. Berani juga ya dia ...


Marianqa dan mamanya mejeng bareng Mr. Pocong

Marianqa dan mamanya mejeng bareng Om kuntilanak ^_^
Saat aku tanya pada Marianqa kenapa dia kok berani foto sama yang seram gitu?
"Aku tahu itu bohongan," jawab Marianqa
"Kok bisa tahu?" tanyaku lagi.
"Soalnya setannya bilang gini, ayo sini foto sama om ..." jawab Marianqa lagi.

Hahaha, kami yang mendengarnya pun tertawa. Marianqa keponakan ini memang cerdas. Padahal baru 5 tahun loh ^_^





Gaya Maianqa bersama tentara biru

Setelah kami puas melihat-lihat Monas dan Marianqa puas berfoto bersama pocong, kuntilanak dan tentara biru, kami kembali ke parkiran. Kali ini naik kereta mobil yang disediakan gartis mengantar pengunjung  Monas dari pintu masuk menuju pintu gerbang.


Mejeng dalam kereta mobil
Dari Monas, kami makan siang di Sate Senayan. Semula kami berencana ingin lanjut ke kota tua, tapi tau sendiri deh lalu lintas Jakarta supeeeer macet walau bukan jam sibuk, saat sampai di kota tua pun kami tak menemukan tempat parkir. Akhirnya kami memutuskan pulang saja.

Sampai rumah tepat menjelang magrib. Kami beristirahat dan menikmati sehari lagi kebersamaan kami dengan ngobrol panjang lebar.

Ah, besok sore saudara-saudaraku aku akan kembali ke Jogja. Dan tanggal 14 Januari Mbak Nany akan kembali ke Belanda. Liburan panjang yang seru ini benar-benar harus berakhir sekarang ini.

9 Januari 2014

Pagi-pagi aku mengajak Erma ke pasar dekat wilayah tempat tinggalku untuk membeli bekal yang nanti akan dibawa saudara-saudaraku dalam perjalanan kembali ke Jogja. Suasana pasar sudah mulai dipenuhi suasana imlek. Di pasar ini memang banyak yang berjualan keturunan China. Banyak kue-kue khas China, pernak-pernik imlek, dan pakaian merah khas imlek.

Erma berinisiatif membeli sebuah pakaian ala imlek untuk Marianqa. Sesampai di rumah, Marianqa langsung memakainya dan sibuk bergaya untuk difoto. Wow, baru tahu keponakanku ini jago gaya juga yaa ...



Marianqa bergaya dengan pakaian imlek


Masih ada waktu bagi kami untuk ngobrol-ngobrol sampai pukul empat sore. Sesudah itu, adikku mengantarkan rombongan saudaraku yang akan ke Jogja menuju pool bus malam.

Goodbye everyone ... Semoga kami selalu sehat dan dilancarkan dalam segala urusan sehingga kami dapat berkumpul lagi tahun depan. Aamiin

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar