Laman

Kamis, 16 Januari 2014

Catatan Perjalanan 6 : First Time in Singapore day#2, Part 2

Souvenir khas Singapura

5 Januari 2014, 
16.00 - 23.00 waktu setempat

Langit mulai mendung, hujan rintik-rintik mulai berjatuhan. The Merlion sudah habis-habisan kami foto. Lalu untuk kembali ke hotel, apakah kami harus kembali berjalan kaki menuju stasiun MRT Promenade? Hadeuuuh, kayaknya nggak deh. Kami sudah nggak sanggup lagi kalau harus berjalan 10.000 langkah lagi, hehehe.

Kami memutuskan akan menempuh jalan pulang yang berbeda dengan saat datang. Hm, kenapa sih nggak naik taksi saja yang gampang? Oh, kami memang sengaja ingin bertualang. Ingin merasakan seluk beluk kota ini, menjelajahi selangkah demi selangkah. Supaya perjalanan kami ini meninggalkan kesan mendalam.

Pasti beda rasanya, mencari-cari jalan sendiri bila dibandingkan dengan diantar sampai tujuan begitu saja oleh sopir taksi. Lagipula, kami kan belum puas mencoba bus kota Singapura. Yup, kali ini kami akan menggunakan transportasi bus. Kan kami masih punya kartu yang berlaku 3 hari. Sayang dong kalau nggak dipakai.

Kami melangkah mencari halte bus. Tidak terlalu jauh dari The Merlion, tepat di depan Hotel The Fullerton ada sebuah halte. Aku langsung mempelajari peta, mencari tahu bus apa yang menuju Stasiun MRT Harbourfront. Tak perlu menunggu lama, bus yang harus kami naiki datang. Ternyata tidak terlalu jauh dari tempat itu menuju Harboufront.

Tapi kenapa saat datang tadi kami berputar-putar melewati banyak tempat ya? Hehehe. Yaah, namanya juga coba-coba. Sekarang sih sudah tahu. Ternyata dari Harbourfront bisa naik bus yang lebih dekat ketimbang naik MRT menuju Promenade. Semoga lain kali kalau datang ke sini lagi, kami sudah tahu jalan terdekat menuju The Merlion.

Kami berhenti di Stasiun MRT Harbourfront. Dari situ, kami menuju stasiun MRT China Town. Seperti saat kami memulai perjalanan di pagi hari.

Tapi anehnya ... saat kami keluar dari stasiun MRT China Town, kok beda ya dengan China Town saat kami berangkat tadi pagi? Wuaaah, kami mulai kebingungan. Melihat-lihat sebentar pasar di China Town yang penuh lampion dan pernak-pernik imlek. Sayangnya, karena kami kebingungan melihat suasana yang berbeda dengan saat kami berangkat, kami jadi enggan memotret suasana China Town yang meriah ini.

Mood narsis kami mendadak merosot hingga ke titik nol, membuat kami tak berminat foto-foto walau latar belakang di sini banyak yang bagus, yang muncul justru rasa tak sabar ingin segera kembali ke hotel. Kami ingin mandi dulu lalu melanjutkan acara jalan-jalan setelah tubuh kami kembali segar. Tapi apa daya, kami tidak melihat tanda-tanda atau gedung yang kami kenal, berada di sekitar hotel kami.

Kami bertanya pada beberapa orang. Anehnya, nggak ada yang tahu di mana letak Hotel Holiday Inn. Waduuh, hotel setinggi itu ternyata nggak semua warga tahu di mana letaknya. Kami yakin sekali, hotel kami nggak jauh dari situ.

Akhrnya kami ke halte bus terdekat, mempelajari peta yang ada di sana. Setelah aku lihat, ternyata letak hotel kami jauh juga dari situ. Walaah, rasanya nggak sanggup jika harus jalan kaki lagi. Aku yakin banget hotel kami ada di sekitar wilayah Tiong Bahru. Karena itu aku mencari nomor bus yang menuju Tiong Bahru.

Kami pun naik bus itu. Tapi ... setelah bus melaju agak lama, kok sepertinya aku kenal banget dengan jalan yang dilewati bus ini ... Lhaaa ... ini kan ke arah Stasiun MRT Harbourfront lagi ... >.<

Yup, kami kembali ke depan Stasiun MRT Harbourfront. Muter-muter deeeh. Beginilah rasanya nyasar, hehehe ... Tapi kami tetap santai kok, belum panik. Kami memutuskan tetap menikmati perjalanan dan menikmati bus kota Singapura yang nyaman ini. Kan nggak perlu bayar lagi, tinggal pake kartu.


Mejeng bareng Erma di lobby yang menghubungkan
 stasiun MRT Harbourfront dengan mal. 

Ternyata tadi kami salah arah. Seharusnya kami naik bus yang ke arah sebaliknya, yang menuju Tiong Bahru. Kami pun menyeberang, menuju jalan sebaliknya, kembali naik bus dengan nomor yang sama. Kami yakin sekali, jika waspada melihat kanan kiri, kami pasti bisa melihat gedung Hotel Holiday Inn yang cukup tinggi. Tapi semakin lama, jalan yang kami lewati semakin tidak kami kenal. Tidak ada tanda-tanda terlihat bangunan hotel kami, atau setidaknya gedung-gedung yang ada di sekitar hotel kami.

Kami memutuskan turun di halte berikutnya, dan mempelajari peta lagi. Akhirnya aku baru sadar, Hotel Holiday Inn terletak di Outram Road.

Setelah berkali-kali membaca peta tapi tidak paham juga, akhirnya Mbak Nany bertanya pada seorang gadis yang juga menunggu bus di halte itu.

Asyiknya bertanya dengan warga Singapura, mereka umumnya membawa gadget canggih, sehingga saat kami bertanya arah, dengan ramah mereka menjawab sambil mencarikan alamat kami via google. Dari situ mereka bisa menjelaskan bus apa yang bisa kami tumpangi untuk menuju Outram Road.

Oya, kenapa kami nggak searching sendiri? Alasannya adalah karena koneksi browsing kami terputus semua. Pulsaku malah sudah benar-benar habis karena aku nggak tau biaya pulsa dari Singapura ke Jakarta mahal sekali. Mengabarkan berita via sms ke ibuku, dikenakan biaya 5000 tiap sekali sms terkirim. Walah, langsung ludes. Mau beli nomor Singapura tanggung, besok sudah pulang. Hehehe, jadilah selama di kota ini kami nggak bisa koneksi ke mana-mana.

Berbekal informasi dari gadis tadi, kami pun menyeberang jalan menunggu di halte seberang, mencari-cari nomor bus yang disarankan. Tapi ternyata tidak lewat situ. Waduuuuh. Tadi yang dimaksud halte yang mana ya? Katanya disuruh nyebrang? *tepok jidat

Akhirnya kami cari sendiri informasi di peta yang terpasang di halte itu, bus apa yang melewati Outram Road. Kami hitung, berapa halte yang akan dilalui. Yup, kami yakin saja deh, semoga kali ini benar. Daerah itu ternyata adalah daerah Kampung Bugis. Tak jauh dari situ ada sebuah masjid besar. Akhirnya, aku bisa mendengar suara adzan di kota ini. Tepat saat itu waktu adzan magrib. Aku memang sedang berhalangan sholat, tapi cukup senang mendengar suara adzan. Serasa di kampung sendiri ^_^

Begitu bus yang kami tunggu datang, kami segera naik, memilih tempat duduk dekat pintu keluar, agar mudah turun jika sudah sampai di Outram Road. Kami mulai menghitung halte yang kami lewati.

Huft, karena mulai ribet memikirkan jalan kembali ke hotel, kami sudah tak punya daya lagi untuk foto-foto. Capek juga, hehehe. Akhirnya bus sampai di halte Outram Road. Langit sudah gelap, sudah sekitar pukul tujuh lewat. Kami turun di situ walau tidak yakin ini sudah di dekat hotel kami, karena sejauh mata memandang, kami tidak melihat ujung atas bangunan Hotel Holiday Inn.

Waduuuh, masih nyasar juga? Padahal kami sudah turun di Outram Road, persis seperti di peta dan alamat hotel kami.

Mbak Nany mulai menyerah, dan memutuskan naik taksi saja. Apalagi saat bertanya pada seorang kakek yang menunggu di halte bus, kakek itu juga menyarankan naik taksi saja karena dia juga nggak tahu di mana letak Hotel Holiday Inn.

Tapi kemudian ada wanita muda baik hati yang bertanya kami mau ke mana. Lagi-lagi dengan gadget canggihnya, dia mencari letak tepatnya Hotel Holiday Inn via google. Ternyata katanya, bisa dicapai dengan bus yang nanti akan dinaikinya juga. Akhirnya kami pun ikut naik bus bersama dia.

Dua halte kemudian, Erma berteriak, "Itu Holiday Inn!"

Kami cepat-cepat turun. Ternyata bus itu berhenti di halte yang terletak di belakang Holiday Inn. Wuaaah, leganya bukan main saat akhirnya kami melihat hotel kami.

Senangnya saat akhirnya melihat tulisan Holiday inn

Kami segera menuju kamar kami. Cuci muka, bersih-bersih badan tapi memilih nggak mandi dulu. Karena kami sudah sangat lapar, kami memutuskan akan keluar lagi untuk makan malam. Masih tetap memilih naik bus. Kami yakin kali ini kami tidak akan tersesat lagi, karena kami sudah mencatat bus apa saja yang lewat di halte seberang hotel kami.

Kuil dekat Holiday Inn, bisa menjadi pertanda hotel sudah dekat

Tujuan kami ke mana saja yang penting pusat keramaian dan ada restoran. Akhirnya saat bus sampai di Orchard Road, kami turun di halte depan Plaza Singapura. Langsung kami berjalan cepat menuju restoran apa saja. Saat menemukan KFC, langsung deh pesan banyaak. Wah, sepertinya kok menu KFC di situ beda ya dengan menu di Indonesia. Menunya enak-enak ^_^

Kami makan dan masih ngobrol-ngobrol sampai satu persatu toko di mal itu tutup. Sudah pukul 10 malam. Sebenarnya mal ini keren juga buat latar belakang foto-foto. Ada patung artistik. Tapi kami sudah nggak sanggup lagi foto-foto. Ingin cepat-cepat kembali ke hotel karena tubuh mulai terasa lelah.

Kami segera meninggalkan mal berjalan menuju halte di seberang jalan. Menurut keyakinan kami, bus yang menuju hotel kami pasti akan lewat di halte seberang mal ini, kebalikan dengan arah datangnya. Tapi apa yang terjadi? Saat kami membaca papan petunjuk di halte itu, terdaftar ada lebih dari 10 jurusan bus yang melewati halte ini, tapi satu pun tak ada nomor bus yang lewat hotel kami.

Waduuuh... masa nyasar lagi? Hihihi dasar kami pantang menyerah, lagi-lagi kami bertanya pada penunggu halte lainnya. Dan lagi-lagi gadis yang kami tanya mencari info jalur bus yang lewat hotel kami via gadget canggihnya. Dia memberikan nomor busnya sekaligus berapa halte yang harus dilewati. Ternyata, informasinya benar sekali. Syukurlah warga Singapura ramah-ramah dan mau peduli menjawab pertanyaan kami, membantu wisatawan mendapat informasi.

Bus itu berhenti di halte yang agak jauh dari Holiday Inn, kami masih harus jalan kaki sedikit. Nggak apa-apa deh, yang penting akhirnya kami sampai di hotel.

 Huft, legaa dan puas karena kami benar-benar bertualang seharian ini.

Sampai di kamar hotel kami bergantian mandi air hangat. Wuuuaah, enak sekali rasanya badan kami yang pegal-pegal tersiram air hangat dari pancuran. Setelah itu, kami masih harus packing karena besok pukul 9 pagi, kami sudah harus check out dan melaju menuju Bandara Changi.

Ah, rasanya singkat banget kunjungan kami di sini. Besok sudah harus kembali pulang ...


Aku membeli magnet refrigerator yang menggambarkan
beberapa larangan di Singapura,
berikut dendanya bila melanggar :)

Suvenir yang dibeli di Mal Harbourfront


Tiket MRT dan bus yang tidak sempat kami kembalikan,
Akibatnya, kami tidak mendapatkan kembali uang  jaminan 10 dolar Singapura untuk tiap kartu.
Nggak apa-apa deh, kartunya bisa disimpan sebagai suvenir ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar