Laman

Jumat, 04 Oktober 2013

Singles's Diary : Please deh, Itu Bukan Anak Gue ...

Desa Janten, Temon, Kulon Progo, Yogyakarta

Halo teman-teman, kali ini jomblo gokil mau berbagi pengalaman saat pulang kampung nengokin bulik, sepupu dan keponakannya di Desa Janten ... Yuk baca kisahnya ^_^

PLISS DEH, ITU BUKAN ANAK GUE…

By : Arumi E


Biasanya tiap akhir tahun atau seminggu menjelang bulan puasa gue mudik ke Jogja. Di sana tinggal bulik (sebutan tante dalam bahasa jawa) dan dua adek sepupu gue. Kadang gue bersyukur nggak punya adek perempuan. Jangan-jangan kalo gue punya adek perempuan, adek gue itu ngeduluin gue nikah. Tapi ternyata adik sepupu gue yang umurnya delapan tahun lebih muda dari gue itu yang akhirnya nikah lebih dulu dari gue. Sekarang dia malah udah punya anak perempuan umur tiga tahun.

Keponakan gue itu pinter dan berani. Walau ketemu gue cuma setahun sekali, tapi tiap ketemu tu anak langsung aja tanpa malu-malu nempel sama gue. Ngajak main, becanda, ngajak ngobrol, pinter banget deh. Bikin gue makin mupeng pengen juga punya anak cakep, lucu dan pinter kayak ponakan gue itu. Tapi bagaimana mungkin gue bisa punya anak, kawin aja gue belom. Ihiks!

Manjanya ponakan gue itu, menumbuhkan jiwa keibuan gue yang telah sekian lama terpendam persis harta karun di bawah laut. #saking kelamaan jadi jomblo, hiks!

Ponakan gue yang girang banget menyambut kedatengan gue, langsung aja ngajak tamasya ke wahana permainan anak di dekat rumahnya.

Maminya : Mami lagi repot, jalan-jalannya besok aja ya? Budhe juga capek baru dateng.
Ponakan : Mami nggak usah ikut, aku sama Budhe aja.

Ponakan gue itu nggak bisa dibujuk, tetep mau ngajak gue jalan-jalan. Kata sepupu gue, deket rumah situ memang baru di buka wahana permainan anak-anak dan sejenis water boom. kayaknya tu ponakan gue udah nggak sabar pengen pamer sama gue.

Gue yang merasa kege-eran mengira begitu dicintai anak-anak, akibat bakat keibuan yang mendarah daging, tulang, kulit, tetelan, akhirnya mengiyakan ajakannya. Sampailah gue di wahana yang penuh dengan permainan anak-anak itu. Ponakan gue langsung lari-lari nggak sabar pengen main.

Ponakan : Budhe, mau maen perosotan
Gue : Boleh!

Lari pontang-panting ngejar ponakan gue yang udah langsung melesat kayak anak panah Mas Robin Hood dan langsung aja asyik perosotan. Baru aja gue sampe di perosotan…

Ponakan : Budhe, maen ayunan yuk?
Gue : Ayuk!

Lari marathon ngejar ponakan yang tau-tau udah nongkrong di ayunan asyik berayun-ayun. Ih, bocah, kamu keturunan siapa sih, kok hobi ayun-ayunan? Baru aja gue sampe diayunan…

Ponakan : Budhe, maen kereta-keretaan ya? Ya? Ya? (dengan wajah sok tak berdosa menatap gue penuh harap)

Gue : Iyaaa…( mulai lemes )

Sampe di tempat keretaan, gue harus mendorong tuh keretaan karena keretaannya lagi mogok. Nasib, nasib, nasibku memang bukan nasibmu…

Ponakan : Budhe, mo mandi bola
Gue : Yoi!!

Tertatih-tatih mengikuti ponakan yang udah langsung ngacir ke tempat mandi bola dan langsung nyebur ke kolam penuh bola.

Seorang cewek menor yang berdiri si depan gerbang kolam mandi bola langsung nodongin selembar karcis ke gue  yang baru sampe tempat mandi bola dengan napas ngos-ngosan.

Cewek menor : Bu, anaknya belom beli karcis
Gue : Itu bukan anak saya kok.
Cewek menor : Loh, kok kayaknya dari tadi sama ibu, kirain anaknya.
Gue : Itu ponakan saya.
Cewek menor : Oooh, kok anaknya nggak sekalian diajak, Bu? Di sini seru loh, pas buat main anak-anak.
Gue : Saya belum punya anak.

Cewek menor : (Diam sesaat, memandangi gue dengan tatapan nggak jelas) Oh, kalo Ibu belum punya anak, saya tau loh Bu, pengobatan tradisional yang bisa bikin cepet punya anak. Dulu saya juga berobat di situ. Saya juga tiga tahun nikah belum punya anak, setelah berobat, langsung tokcer, anak saya langsung kembar dua…hehehe

Gue : (Mulai manyun) Gimana saya bisa punya anak, saya belom nikah kok!

Cewek menor : (Mulutnya melongo lebar, untung nggak ada laler lewat) Oh, maaf Bu, kirain Ibu udah nikah. Abis gedenya kayak udah ngelahirin tiga kali, hehehe. Tapi saya juga tau loh, orang pinter yang bisa bikin ibu cepet laku dan cepet kawin. Kakak perempuan saya juga dulu udah tua nggak laku-laku, trus berobat deh ke orang pinter itu, baru disembur sekali aja, besoknya langsung dilamar tiga lelaki. Ibu mau alamat orang pinternya? Ntar saya kasih…

Tanpa basa-basi, langsung aja gue angkat ponakan gue keluar dari kolam bola dan memaksanya pulang saat itu juga sambil manyun-manyun

Ponakan : Budhe, mau berenang, mau berenang…(hampir mewek)
Gue : Berenangnya besok aja ya? Kita beli es krim aja yuk?
Ponakan : Ayuk! Es krim sama coklat ya Budhe…
Gue : Iyaaa, setoko2nya juga boleh!

ASALKAN NGGAK MAIN KE SINI LAGI…!!

Gue pun langsung ngajak ponakan gue itu ke toko swalayan. Gue beliin deh dia dua es krim dan dua batang coklat. Dia girang banget dan lupa kalo tadi belum berenang. Trus gue mampir ke lapak majalah di depan swalayan itu.

Gue : Ada majalah anak-anak nggak mas?
Tukang majalah : Majalah anak-anak apa, Bu?

Gue ngedumel dalem hati. Kenapa sih dari tadi gue dipanggil Ibu? Nggak tau apa gue paling alergi dipanggil Ibu. Buat gue itu sama aja nyindir gue yang masih jomblo ini, boro-boro punya anak! Huh!.

Kadang gue pengen banget tereak; “Gue bukan Ibu-ibu tauk!!” tapi gue males ribut lah. Jadinya gue manyun-manyun aja deh sambil masang tampang rada jutek.

Gue : Majalah ****
Tukang majalah : Belom dateng Bu!
Gue : #Huh! Kalo majalah ****?
Tukang majalah : Lagi kosong, Bu!
Gue : Majalah ****?

Tukang majalah : Kebetulan abis, Bu!

Gue : Gimana sih, Mas, Eh Pak! (Gue bales deh manggil dia bapak, huh!)  Masa semuanya nggak ada.

Tukang majalah : Lah, Ibu nyarinya yang nggak ada. Ini aja deh Bu, buku menu masakan. Pas edisi ini khusus tentang masakan untuk anak-anak. Bisa nih Ibu praktekin resep masakannya  buat anak Ibu.

Gue : (makin manyun, muka panas nahan kesel) Ngapain saya beli buku cara masak makanan anak-anak. Saya belom punya anak kok.

Tukang majalah  : Lah, itu? Bukannya anak Ibu?
Gue : Itu ponakan saya!

Tukang majalah  : Oh, maaf, Bu. Kirain itu anak Ibu. Kalo gitu buku ini aja Bu. Tentang makanan yang bisa meningkatkan kesuburan isteri dan suami supaya cepet punya anak. Langsung bikin masakannya di rumah, trus makan deh bareng suami Ibu. Dijamin tokcer. Ibu pasti langsung hamil

Gue : Enak aja hamil, saya belom nikah Pak!

Tukang majalah mandangin gue dengan pandangan yang persis pandangan cewek menor penunggu loket karcis mandi bola tadi.

Tukang majalah : Oh...belom laku ya, Bu?
Gue : Arrrghhh! Tidaaak! (Langsung nggendong ponakan gue pulang ke rumah)

Sampe rumah, dengan wajah ceria ponakan gue langsung laporan sama Maminya.

Ponakan : Mami, mamiiiii, asyik jalan-jalan sama Budhe... Dibeliin es krim sama coklat. Budhee...besok jalan-jalan lagi yaaa?

Gue : Nggak ah! Besok Budhe mau pulang ajaaaa!!

Geleng-geleng kepala kenceng-kenceng

2 komentar:

  1. kereeen eonni,,,,,
    lucu skli eon,,,
    bkin ketawa sambil bacnya eonn,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Amy sudah baca. hehehe, Syukurlah kalau cerita ini bisa menghibur yang baca. Tunggu kisah si jomblo keren ini selanjutnya yaaa... ^_^

      Hapus