Laman

Jumat, 08 Januari 2016

#YearEndHoliday part 2 : Makan Malam di Jogja

Walau sekarang sudah kembali ke Jakarta, tapi aku masih akan melanjutkan berbagi cerita tentang liburan akhir tahun di Jogjakarta.

Setelah di hari pertama Januari 2016 kami berlelah-lelah mendaki puncak kebhn teh Nglinggo Kulonprogo, esoknya tanggal 2, aku bisa istirahat sejenak. Sementara adikku, sepupu dan dua keponakanku touring naik motor beriringan menuju Kota Jogja. Jarak dari Desa Janten kurang lebih 45 km, 1 jam dengan kendaraan bermotor.

Barulah sesudah maghrib, kami yang lainnya menyusul ke Jogja untuk makan malam bersama.
Yeah, untuk makan malam saja kami ke Jogja lho...sekalian jalan-jalan.

Kami makan di rsto lesehan bale ayu. Tempatnya lumayan nyaman, di pinggiran sawah. Menunya sepertinya enak-enak. Tapi nunggunya memang agak lama.

Melihat menunya aku langsung tertarik dengan minuman wedang plethok. Dari fotonya biasanya minuman ini disebut wedang uwuh. Dipenuhi rempah-rempah yang sengaja dibiarkan masih di dalam gelas dalam keadaan utuh. Ada jahe, kapulaga, sereh, kayu secang yang membuat minuman berwarna merah. Di piring kecil yang dijadikan tatakan gelas, diberikan irisan jeruk nipis. aku pikir jeruk nipis itu untuk diperas ke dalam minuman. ternyata setelah kuperas, warna merah dari kayu secangnya menghilang berubah jadi kuning saja.

Yaaah, jadi kurang cantik penampilannya. Ternyata air jeruk nipis melunturkan merahnya. Lain kali nggak usah dikasih jeruk nipis deh ...



Penuh rempah, segaaar

Yang enak itu ... cumi masak telor asin



Tidak ada komentar:

Posting Komentar