Laman

Minggu, 12 April 2015

Review Film : The Imitation Game

Halo April. Waah, sudah lama banget nggak posting di sini. Kali ini mau posting review-ku untuk film Imitation Game.

Photo from
www.filmmusicnotes.com/oscar-nominees-the-imitation-game

Terkadang, seorang yang tak terduga, mampu melakukan hal yang tak terduga.
 ~Alan Turing.


Rasanya sulit percaya film ini berdasarkan kisah nyata. Penuh dengan konflik, intrik, aaah, betapa karakter utama tak diberi kesempatan menyicipi kebahagiaan. Mungkin ada sedikit, saat akhirnya Alan bisa memecahkan kode enigma. Tapi ... ini contoh kisah yang tegaaa banget sama pemeran utamanya. Dan ini bukan fiksi, ini nyata. 

Diperankan Benedict Cumberbatch, salah satu alasan aku pengin banget menonton film ini. Sudah kepincut dengan aktingnya sejak menontonnya dalam film "SHERLOCK".

Berkisah tentang perjalanan hidup Alan Turing saat mencoba mendaftarkan diri masuk ke dalam tim pemecah kode rahasia untuk pemerintah Inggris.

Alan Turing adalah seorang super jenius, menjadi profesor matematika saat baru berusia 24 tahun. Msa kecilnya agak kelam, kerap menjadi korban bully teman-temannya di sekolah karena terlalu pintar. Hal ini yang kemudian membuatnya tumbuh menjadi seorang pemuda kaku yang tidak tahu bagaimana cara bersikap agar disukai banyak teman.

Tim pemecah kode rahasia terdiri dari 6 orang pemecah kode rahasia terbaik di Inggris. Tapi teknik Alan yang beda sendiri dengan teman-temannya, belum lagi sikapnya yang kaku, membuatnya kurang disukai teman-temannya. Saat yang lain mencoba memecahkan kode rahasia tentara Jerman secara manual, Alan malah sibuk membuat mesin. Dia bersikeras minta dana untuk membuat mesin pemecah kode rahasia Jerman yang disebut enigma.

Awalnya, Alan tak bisa membuktikan mesinnya mampu menghasilkan. Tapi dia tak menyerah walau banyak yang menentang dan meremehkan idenya, dia teru menunggu mesinnya menunjukkan hasil. Sempat hampir dihentikan pemerintah Inggris mesinnya itu, tapi Alan berjuang agar mesinnya bisa terus berjalan, dibantu teman-teman satu timnya yang mulai mendukungnya. Akhirnya dia berhasil, mesin ciptaannya bisa membaca kode rahasia tentara Jerman. Kemudian mengantarkan Inggris memenangkan perang atas Jerman.

Banyak quotes bagus di film ini. Salah satunya, penemuan hebat biasanya dihasilkan oleh orang yang tidak normal, orang yang sangat unik, extraordinary. Betapa beratnya usaha seseorang untuk mewujudkan pemikirannya yang luar biasa, awalnya banyak yang meragukan dan tidak percaya. Namun ternyata, penemuannya itu memberi jasa besar dalam kehidupan manusia hingga saat ini dan kemudian menjadi cikal bakal komputer yang kita gunakan sekarang. 

Kisah yang sangat sangat inspiratif.

1 komentar: