Laman

Kamis, 13 September 2012

Tips menulis novel dengan setting Korea



Apakah mungkin kita menulis cerita dengan lokasi di Korea, lengkap dengan kebiasaan orang-orangnya tanpa pernah berkunjung ke Korea secara langsung? Jawabannya tentu saja bisa.

Aku mengalaminya sendiri. Saat pertama kali ditawari untuk menulis novel tentang cerita Korea, tokoh-tokoh orang Korea asli, berlokasi di Korea lengkap dengan empat musimnya, rasanya aku belum terbayang apa yang ingin kutulis. Tetapi untunglah saat itu aku sudah mulai menyukai menonton drama seri Korea. Menyukai apa yang ingin kita tulis adalah modal penting bagi seorang penulis untuk menuliskan kisahnya.

Ini beberapa tips yang mungkin bisa dicoba jika ada di antara teman-teman yang ingin menulis cerita Korea.


1. Gambaran tentang suasana Korea bisa kita dapatkan dari menonton film-filmnya dan drama-dramanya. Seperti yang kita ketahui, film adalah hasil dari budaya, dalam sebuah film, kita dapat mempelajari banyak hal, tempat film itu dibuat, kebiasaan orang-orangnya, makanannya dan sebagainya. Seperti kebiasaan masyarakat Korea yang saling menyapa annyeonghaseyo sembari saling menganggukkan kepala tanda saling menghormati. Kita bisa tahu orang Korea menyukai kimchi dan minum soju karena kedua makanan dan minuman khas Korea ini hampir selalu muncul dalam setiap film dan drama korea.

2. Informasi tentang Korea dan budayanya bisa juga kita dapatkan dari membaca buku-buku yang menceritakan tentang Korea atau membaca informasinya melalui internet. Banyak sekali informasi yang bisa kita eksplor untuk menggali segala pengetahuan kita tentang Korea. Tapi ingat, jangan sekali-kali meng-copy paste informasi tentang sebuah lokasi dari artikel yang sudah ada ya ... aku pernah mengalami kesalahan, kemudian diingatkan editor agar mengolah data referensi dengan bahasa kita sendiri, agar tidak sama dengan yang sudah ada di artikel mana pun. Supaya aman terhindar dari kemungkinan apa yang kita tulis mirip dengan artikel,  lebih baik melihat dari video atau foto suasana tempat yang kita pilih sebagai setting cerita, lalu tulis dengan bahasa kita sendiri bagaimana suasana dan keadaan lokasi tersebut sesuai dengan apa yang kita lihat dan rasakan saat melihat video dan fotonya.

3. Sekarang ini, jika teman-teman tinggal di Jakarta, teman-teman bisa berkunjung ke pusat budaya Korea di Jakarta. Lokasinya di gedung Equity Tower lantai 17, SCBD, Sudirman. Di sini ada perpustakaan, kita bisa menjadi anggotanya secara gratis. Banyak sekali buku-buku tentang Korea di sini yang bisa kita baca. Setiap hari Jumat minggu kedua dan keempat, ada acara Hanbok experience, kita bisa mencoba mengenakan pakaian tradisional Korea ini, Dijamin, setelah berfoto mengenakan hanbok, kamu akan merasa semangat Koreamu semakin terasa dan ide dalam menulis Korea pun menjadi semakin lancar.



4. Menulis cerita Korea, tentunya ada beberapa bahasa Korea yang kita kutip. Tak bisa berbahasa Korea. Tidak masalah, kita bisa menggunakan kata-kata bahasa Korea yang paling mudah dan sering diucapkan dalam percakapan sehari-hari. Bisa kita temukan dalam kamus bahasa Korea-Indonesia-Indonesia-Korea. Seperti kata annyeonghaseyo yang artinya "halo", gamsahamnida artinya "terima kasih", Mianhae yang artinya "maaf", atau saengil chukae hamnida yang artinya "selamat ulang tahun". Dan terpenting adalah kata saranghaeyo yang artinya "aku cinta kamu".

5. Perhatikan ciri-ciri cerita Korea yang biasanya romantis, tokoh wanita yang tegar dan berani, tokoh pria yang cool tapi penuh perhatian. Kisah percintaan yang penuh perjuangan tetapi diakhiri dengan kisah happy ending.

Demikianlah sedikit tips cara membuat cerita Korea. Contohnya bisa dibaca dari novel-novel genre roman Korea karyaku yang berjudul Saranghaeyo, Symphony of love, Four Seasons of Love, Sweet Sonata. Dan yang terbaru, novel cerita Korea karyaku yang baru terbit bulan September 2013, "Longest Love Letter"

Bagaimana dengan cerita Jepang? Tipsnya sama dengan cara membuat cerita Korea, hanya yang kita pelajari adalah budaya Jepang dan kota-kota Jepang. Contohnya bisa dibaca dalam novel bergenre Roman Jepang karyaku berjudul Sakura Wish.


Contoh Novel Korea karyaku "Longest Love Letter", yang aku buat tanpa perlu benar-benar berkunjung ke Korea.





Contoh Novel Korea karyaku "Symphony of Love"



Contoh Novel Korea karyaku "Four Seasons of Love"



Contoh novel genre Jepang karyaku "Sakura Wish" tanpa perlu benar-benar pernah berkunjung ke Jepang.

Novel Korea karyaku yang terbaru. Sudah tersedia di semua toko buku Gramedia.
"Longest Love Letter"


Bergaya ala Putri Korea di Korean Cultural Center Indonesia (KCCI)

22 komentar:

  1. kak ngapa di novel symphony of love kepengrangan nya gak dibuat ,,,,
    aku nya harus cari sendiri untuk buat tugas sekolah meresensi novel....
    tapi aku suka cerita nya....nice.... i like it

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Dean...iya, maaf ya, di novelnya memang kemauan penerbit merahasiakan biografi penulis. Biar pembaca penasaran... :). Karena itulah di blogku aku tuliskan biografiku sebagai penulis novel Korea Symphony Of Love.

      Makasih ya sudah baca dan menjadikannya sebagai tugas sekolah. Gimana tugas sekolahnya? Lancar kan sekarang? Wah senangnya kamu suka ceritanya. makasih ya Dean. Kalau sempat, baca karyaku yang lainnya juga ya...seru juga loh... ^_^

      Hapus
  2. kak, novel korea itu biasanya pake alur apa aja? atau tergantung dari kita sendiri? aku mau ikut lomba novel, tapi masih kebingungan sampe sekarang-_- gomawo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo... maaf baru sempat balas. Alurnya sama saja seperti novel-novel umumnya. Yang penting kata-kata yang kita rangkai terasa mmengalir saat dibaca dan mengajak pembaca tertarik dan penasaran untuk terus membaca sampai selesai. Perbanyak aja baca contoh-contoh novel ya. Nanti semakin banyak membaca, kamu akan merasa sendiri, alur cerita seperti apa yang membuatmu suka dan menikmnati membacanya :) Ayo, semangat ya menulisnya...Selamat ikut lomba ... ^_^

      Hapus
  3. Saya suka laman ni , cerita2xnya sesuai dengan jiwa saya.Laman penuh maklumatberguna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hello Alia... terima kasih sudah membaca laman saya. Alhamdulillah jika ceritanya berguna... :)

      Hapus
  4. kak,novel yang ceritanya dalem dan feel nya dapet banget cerita korea bikinan kakak yang mana?dijual ga?kepengen beli buat koleksi novel :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Afina, novel cerita Korea karyaku terbaru, sudah terbit sejak bulan September kemarin. tentu saja dijual. Ada di Gramedia. Judulnya Longest Love Letter. bisa dibaca sinopsisnya di kategori novel Korea. Di sini juga kutambahin ya infonya dan cover bukunya :)

      Hapus
  5. kak, kasih tau juga dong tips menulis novel dengan setting jepang. Kalo perlu nama-namanya yaaa.... (ngarep) nulis novel itu boleh 12 tahun gak sih kak? hehehehe.... kebanyakan ya? gomen~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya sih sama aja, tapi nanti kutambah deh ya sama contoh2 nama Jepang. yuk, baca Sakura Wish, novel cerita Jepang karyaku yang seru dan mengharukan, hehehe, promosi. 12 tahun boleh aja nulis novel, tapi masih kategori novel anak. ^_^

      Hapus
  6. khoirunnisa rahma romansa putra30 Desember 2013 pukul 09.11

    Assalamu'alaikum kak..
    Kak, novel-novel kakak itu bisa didownload lewat google apa tidak?
    Saya juga mau tanya, kakak tau nggak link buat download novel-novel korea?
    Makasih kakak yang cantik..
    Wassalamu'alaikum..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam. Maaf ya, novel2ku nggak bisa di download lewat google. Nggak ada yang bisa di download gratis, karena novel itu kan ada hak inteklektualnya. Bahaya dong kalau bisa di download gratis di google. Hehehe. Kalau mau beli saja e-booknya di Gramediana. Ini link-nya http://www.gramediana.com/en/search/search_result?utf8=%E2%9C%93&query=longest+love+letter&search_type=general&button=

      Ini khusus untuk novel Korea-ku yang berjudul "Longest Love Letter", terbitan Grasindo

      Hapus
  7. annyeong kak^^ aku penggemar novel kakak, aku paling suka Longest Love Letter hihihi. alur cerita nya bagus kak, buat penasaran hehehe. novel selanjutnya ditunggu loh kak^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Annyeong Maulani Shiva ... wah, makasih ya sudah baca "Longest Love Letter". Senang kamu suka. Sip, semoga Shiva berkenan baca novelku yang lain :)

      Hapus
  8. kak soal novel setting korea, kalo aku bikin ada beberapa kalimat bahasa korea yang orang lain ga tau artinya itu sebaiknya menulis terjemahnya di samping kata itu, apa di bagian bawah halaman aja kak?
    kalo misalnya harus di ditulis di bawah halaman, itu kita yang buat atau nanti diubah sama penerbitnya? mohon bantuannya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah baca Longest Love Letter? Coba deh baca, di situ ada contoh cara aku mengetik arti bahasa Korea. Di tulis di catatan kaki (footnote) . Kita sendiri yang menulisnya, bukan penerbit. Itu akan memudahkan editor.

      Hapus
  9. Unnie saya bisa minta email unnie ngga? ada banyak yang ingin saya tanyakan. hehe gomawo unn ^^ :D

    BalasHapus
  10. Thanks for informationnya eonnie (:

    BalasHapus
  11. unnie ngirim cerita unnie yang berlatar korea selatan itu dimana?

    BalasHapus
  12. Eonni, mau tanya hehe, karya kakak pas di kasih ke penerbit itu diselesksi dulu nunggu 3 bln atau karya k-iyagi apapun bisa diterima? Gomawoyo :)

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Hallo kak, wah laman nya sangat berguna sekali') kalo boleh tau kak jika tokohnya adalah orang indonesia namun dia berkuliah di Korea, nanti dalam novel kita gunakan bahasa mana ya? ^^

    BalasHapus