Laman

Selasa, 09 Februari 2016

Digital Library #IJakarta.

Warga Jakarta yang hobi membaca sekarang dimanjakan dengan aplikasi baru. Digital library. Perpustakaan yang bukunya bisa dipinjam lewat smartphone. Pertama-tama instal dulu aplikasi ijak.







Ini ada penjelasan tentang kerjasama e-library Jakarta dengan Grup Gramedia. Saya bagikan dari sumber aslinya yaaa 

 ‎Noni Timotius‎ to KOMBI (Komunitas Baca Tulis)
February 2 at 8:30am · Jakarta · 
Disclaimer: postingan panjang namun lumayan penting bagi penulis. Mohon dibaca dg teliti.

Dear teman-teman penulis dan pembaca buku BIP,

Belakangan ini mungkin teman2 menemukan aplikasi iJakarta di AppStore dan Google Play dan melihat banyak buku BIP serta buku2 terbitan Gramedia Group di sana yg dapat didownload gratis.
Beberapa penulis telah menjapri saya dan bertanya mengenai legalitasnya dan berikut ini informasi yang dapat saya sampaikan:

Tahun lalu, telah ditandatangani perjanjian kerjasama antara Grup Penerbitan Gramedia dan PT Woolu Aksara Maya, dimana Penerbit Gramedia berperan sebagai penyedia konten sementara PT Woolu sebagai pengembang aplikasi iJakarta. iJakarta sendiri adalah aplikasi perpustakaan digital yang diselenggarakan oleh Pemprov DKI. Melalui perpustakaan digital ini, masyarakat bisa meminjam buku digital yg dimiliki oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DKI dlm jangka waktu tertentu.

BPAD DKI telah menyediakan dana 2M rupiah untuk pengadaan ebook di tahun 2016 dan saat ini sudah terserap ke 3.350 judul. 
Dana ini digunakan untuk pengembangan aplikasi dan pembelian buku digital ke penerbit. Pembelian dilakukan dg sistem beli putus atau one time payment. Pada tahap 1 telah dilakukan pembelian sebanyak 5 copies per judul dan pada tahap 2 akan dilakukan pembelian 20 copies per judul.

Dana ini akan dibagi untuk 3 pihak.
Penyedia dan pengembang aplikasi akan mendapat 40%, Penulis mendapat 30%, dan Penerbit mendapat 30%.
Harga buku yg dijual sama dengan harga buku yg tercantum pada aplikasi Buku Digital Gramediana namun diberikan diskon 12% untuk tahap pertama dan 20% untuk tahap 2 dan 3. 
Mengapa diberikan diskon? Pertimbangannya krn pemda DKI membeli dlm jumlah besar.

Jadi berapa royalti yg akan diperoleh? Perhitungannya kira2 begini:

Harga buku XYZ di aplikasi Gramediana Rp 100.000
Diskon 20%
Jumlah copies yg dibeli: 5 copies
Royalti 30%

Total royalti yg akan diterima penulis buku XYZ adalah:
Rp 100.000 x 20% x 5exp x 30% = rp 120.000

Bagi para penulis BIP sendiri, pembayaran royalti akan dilakukan setelah kami menerima sales report dari pengembang aplikasi. Kemungkinan paling cepat dilakukan di semester 2 tahun 2016.

Mekanisme peminjaman buku di Ijak adalah teman2 perlu membuat akun utk menjadi member. Setelahnya teman2 bisa memilih buku yg disukai, mendownload buku tersebut ke gadget dan bisa membacanya dalam periode 5 hari. Setelah periode peminjaman habis, maka buku tsb tidak bisa diakses lagi oleh teman2. 
Karena saat ini di aplikasi Ijak hanya tersedia 5 exp per judul, maka hanya 5 member yg dapat meminjam buku pada saat bersamaan. Member ke-6 yg ingin meminjam terpaksa menunggu giliran hingga buku tersedia kembali.

Nantinya di aplikasi ini akan tersedia fitur STORE, sehingga teman2 yg tidak kebagian meminjam atau ingin mengoleksi buku dapat membelinya. 
Saat ini sudah tersedia juga fasilitas e-library yg memungkinkan sekolah/instansi untuk membangun e-library masing2 dg memanfaatkan konten yg terdapat dalam aplikasi Ijak.

Pengembangan selanjutnya, aplikasi ini hanya dapat diakses ketika kita berada dalam batas2 area Propinsi DKI Jakarta. Jadi ketika kita bepergian ke Bekasi atau Tangerang, maka buku yg sedang kita pinjam tidak bisa diakses. Aplikasi ini memang ditujukan utk fasilitas warga Jakarta. Hidup Kokoh!! ‪#‎eh‬

Buat yg senang bersosmed, berkomunitas, di sini pun disediakan fiturnya. Kita bisa membuat resensi buku, memberi komen, dsb. Dicoba lah ya.

Saya merekomendasikan teman2 mencoba aplikasi ini dan pinjamlah buku di sana, lalu promosikan kepada teman lain. Tidak perlu kuatir buku cetak menjadi tak laku gara2 perpustakaan digital ini. Justru dg keterbatasan stok buku dan periode peminjaman yg singkat akan mendorong calon peminjam untuk membeli buku versi cetaknya.

Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat meminjam buku, and Happy Reading!

Cheers,
Noni




6 komentar:

  1. Mbak Arumi... Selain warga jakarta nggak bisa kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Wilis ... kata temanku di luar Jakarta, dia bisa akses Ijak. Bahkan yang di Taiwan pun ada yang bilang bisa. Tapi katanya untuk sementara sebagai promosi bisa diakses yang tinggal di mana saja. Nantinya bakal khusus yang tinggal di Jakarta. Mari kita tunggu kelanjutannya 😊

      Hapus
    2. Iya betul Mbak Arumi. Aku bisa akses juga. Asiiikkk.... Lumayan nambah2 jumlah bacaan. Mudah-mudahan nanti kalau betul di batasi untuk orang Jakarta aja, bisa di kasih cara agar yang luar jakarta juga bisa ikut menikmati yaaa. Thanks for sharing this info mbak! :-)

      Hapus
    3. Iya Wilis. Awalnya sebagai penulis saya cemas. Lha, kalau orang bisa baca gratis makin dikit yang beli buku. Tapi ternyata ini ada penjelasan dari pihak penerbit :)

      Hapus
  2. Aku yang di Bandung saja bisa akses juga, kok. Sudah punya akun dan jadi member ^_^. Cuma... baca melalui gadget bikin mata lelah. Lebih nyaman baca bukunya.
    Sukses untuk Love in Adelaide-nya, ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Ana. ternyata bisa diakses dari mana saja ya... canggih, tapi aku jadi keberatan hpnya, cuma sempat baca 1 buku :) Terima kasih doanya untuk Love in Adelaide :)

      Hapus