Laman

Rabu, 24 Februari 2016

Kirim Naskah ke Penerbit POP Ice Cube



Kali ini aku ingin berbagi informasi tentang cara kirim naskah ke penerbit POP dan Ice Cube. Ini penerbit dari grup Gramedia juga. Aku sendiri belum pernah kirim naskah ke sini. Tapi mungkin di antara teman-teman ada yang berminat kirim ke penerbit ini. Silakan.

Aku copas informasinya langsung dari instagram @pop_icecube

Belakangan ini banyak banget yang tanya soal kirim naskah ke Ice Cube dan POP. Biar jelas, kami akan merangkum syarat-syarat kirim naskah di post ini. Silakan di-like, capture, atau print juga boleh biar nggak lupa.
.
Soooo, here we go!

1. POP dan Ice Cube menerima naskah fiksi maupun non fiksi yang sasaran pembacanya remaja usia 13-17 tahun (Ice Cube) dan young adult 18-25 tahun (POP).

2. Naskah diketik di kertas ukuran A4, pakai font Times New Roman/Calibri (jangan pakai font aneh-aneh yang melingkar-lingkar, apalagi comic sans. Pokoknya jangan), ukuran 12, spasi 1.5. Panjang naskah 100-150 halaman.

3. Kirim naskah kamu dalam bentuk hardcopy ke:
Redaksi POP/Ice Cube
Gedung Kompas Gramedia Blok 1 Lt. 3
Jl. Palmerah Barat 29-37
Jakarta 10270

4. Sertakan pula data diri kamu (1 halaman cukup) dan sinopsis naskah (maksimal 2 halaman). Ingat, sinopsis yang kami maksud adalah rangkuman cerita dari awal sampai akhir. Jangan tertukar sama blurbs yaa.

5. Ada satu syarat penting lagi, nih: sertakan potongan pembatas buku terbitan Ice Cube/POP. Satu potongan pembatas buku untuk satu naskah yaa.

6. Kami akan menghubungi kamu via email (dan hanya lewat email) mengenai keputusan naskah diterima atau ditolak redaksi.
.
Semoga makin jelas yaa ketentuan kirim naskah ke kami :)


Ini ada juga mengenai tanya jawab tentang kirim naskah ke penerbit ini. Silakan disimak yaaa ^_^

FAQ:

Min, naskahnya boleh kirim via email aja nggak?
We prefer hardcopy. Kenapa? Karena bentuk hardcopy lebih nyaman untuk dibaca anggota redaksi. Dengan demikian, naskahmu bisa lebih cepat dibaca dan kamu lebih cepat dapat feedback dari kami.
.
Min, kalau aku kirim naskah fanfic boleh nggak?
Untuk saat ini kami tidak menerima naskah fan fiction. Selain itu, kami juga belum menerima naskah K-fiction.
.
Aku admin dari fanbase artis A. Aku mau dong bikin buku tentang artis A, kayak fanbook-nya 5SOS, Ariana Grande, EXO, dll. Gimana caranya, Min?
PENTING: Khusus buku-buku fanbook, biasanya kami yang propose ke fanbase untuk bikin buku. Tapi kalau kamu punya fanbase yang kuat, engagement sama followersnya oke, dan yakin banyak yang meminati buku tentang artis tersebut, silakan kirim email ke redaksipop@gmail.com.
.
Data dirinya 1 halaman aja, Min? Nggak cukuuup.
Cukup, kok! Data dirinya yang esensial aja. Yang penting itu: nama, alamat rumah, alamat email, nomor HP, sama karya-karya yang pernah diterbitkan (kalau ada). Nggak usah lengkap-lengkap amat, kayak golongan darah, berat badan, tinggi badan, makanan kesukaan, artis favorit, gitu-gitu nggak usah gaess.
.
Potongan pembatas bukunya perlu banget, Min?
Ya, dong! Sebenarnya maksud kami mengharuskan syarat ini adalah supaya kamu bisa mempelajari gaya tulisan yang dicari Ice Cube dan POP. Dari buku-buku itu, kamu bisa menilai sendiri apakah naskahmu cocok buat kami terbitkan. Sayang, kan, udah mahal-mahal ngeprint, ngejilid, ngirim ke Jakarta, tapi ternyata naskahmu nggak sesuai dengan gaya kami.
.
Tapi di kotaku jarang ada toko buku, Min, jadi aku belum punya buku POP/Ice Cube.
Nggak usah khawatir, nggak usah bingung, karena buku-buku kami tersedia di toko buku online, seperti @gramedia_com, pengenbuku, dan bukabuku. Di sana buku-buku kami diskon s/d 20%, loh!
.
Aku dapet respons dari redaksi berapa lama, Min?
Beberapa bulan lalu kami memberi feedback maksimal 7 hari kerja sejak naskah diterima redaksi. Tapi ternyata naskah yang masuk banyak banget, jadi ada beberapa naskah yang terlambat mendapat respons. Untuk itu kami sepakat untuk memberi kabar 7-30 hari kerja.
.
Kalau diantar langsung bisa kan min?
Boleh kok kalau mau langsung antar ke redaksi :)

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. maksud dari pembatas buku nya itu apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu beli buku penerbit itu dan kirim pembatas nya bareng sama naskah kamu

      Hapus
  3. Min kalau mau kirim naskah yg kayak buku naela ali itu gimana min. Jadi ak harus scen ya gambar gambar ak, baru aku edit lalu di print

    BalasHapus
  4. halo min, aku pengen nerbitin buku yg bergambar2 gitu, kayak naela ali. nah, apakah kertasnya tetap harus A4?

    BalasHapus