Laman

Kamis, 31 Desember 2015

#YearEndHoliday part 2 : Pantai Indrayanti Wonosari, Gunungkidul. Pantai berpasir putih



Sejak sering membaca informasi tentang pantai berpasir putih ini, penasaran ingin tahu seperti apa. Ternyata perjalanan menuju pantai ini lumayan jauh.

Berliku-liku, naik turun, terkadang jalan yang dilalui menanjak agak curam, namun karena kanan-kiri disuguhi pemandangan indah, pepohonan, lembah hijau dan sawah terasering, perjalanan menuju pantai menjadi menyenangkan.

Pantai Indrayanti awalnya bernama Pantai Pulang Sawal. Tapi karena di dekat pantai ini ada Hotel Indrayanti, nama pantai ini pun lebih dikenal sebagai Pantai Indrayanti.

Tak menyangka, pantai ini ternyata penuuuuh sekali. Menjadi agak kurang nyaman. Sebenarnya pantainya bagus, tapi karena terlalu penuh orang, keindahannya jadi tertutupi.

Walau begitu, nggak menyesal datang ke pantai ini. Menyadarkan betapa Indonesia memang dikaruniai keindahan alam tiada tara. Begitu banyak pantai, gunung, gua, yang membuat hati senang saat mengunjunginya.


Pasir putih

Karena di sini panas sangat terik, disediakan payung-payung yang bisa disewa, dilengkapi tikar. Biayanya hanya 20.000 saja sampai sepuasnya.
Tiket masuk ke pantai ini cukup 10.000 saja.

Ada yang bilang, buat orang Jogja, tak usah jauh-jauh ke Bali jika ingin menikmati pantai berpasir putih. Cukup ke deretan pantai di Gunungkidul saja. Suasananya nggak jauh beda.

Yang sudah pernah ke sini, bagaimana pendapatnya? ^_^


Terik sekali di pantai ini. Pukul 10 pagi sudah serasa pukul 12 siang. Lalu kami ke bagian yang berada di pinggiran tebing karang yang menjorok ke laut. Agak teduh di sini. Bisa merendam kaki di antara batu-batu karang.

Pukul 11 lebih, ombak semakin tinggi dan ganas. Jilatan gelombang hampir mencapai tempat kami menyewa tikar dan payung. Saatnya untuk menyudahi kunjungan kami ke pantai ini.

Setelah membersihkan tubuh dari air laut yang lengket, istirahat sebentar, lalu kami kembali ke Kota Jogja. 

Kunjungan selanjutnya ke Keraton Jogjakarta. Waah, karena bertepatan dengan liburan akhir tahun, Kota Jogja penuuuuuuh banget. Dan begitu deh tempat wisata di Indonesia kalau penuh pengunjung. Jadi banyak sampah... sedih.


Bagian keraton yang boleh dikunjungi wisatawan sedang kosong. Nggak ada kereta kencana dan seperangkat gamelan yang biasanya dipajang. Katanya sih karena beberapa malam sebelumnya digunakan untuk acara sekatenan. Mungkin sedang dibersihkan.

Nggak lama di keraton, setelah berkeliling, perjalanan kami lanjutkan ke Taman Sari yang nggak jauh dari Keraton. Dulunya ini tempat pemandian calon-calon selir Raja.

Di sini pun penuuuuuuhnya bukan main. Jadi nggak bisa memotret keindahan bangunannya. Di mana-mana ada orang.




Kali ini aku berusaha menemukan Masjid masa lalu yang berada di bawah tanah. Dua tahun lalu nggak kesampaian mengunjunginya.

Aiiiih, ternyata di sini juga penuuuuuuh pengunjung. Susah deh pengin foto-foto ... mungkin lain waktu ke sini lagi saat suasana tidak sepenuh ini. Supaya bisa meng-eksplore tempat ini lebih detail. 

Setidaknya rasa penasaranku sudah terjawab, di mana letak tangga di atas sumur kering menuju empat penjuru yang sering jadi lokasi foto prewedding, juga sering muncul di acara tv dan ftv :)



3 komentar:

  1. pantainya keren, jadi pengen kesini ... sering ada tuh di ittenary agen travel klo mau jjs ke jogya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, emang lagi top nih pantai. Pengunjungnya jadi makin banyak. Sepanjang Wonosari ini banyak banget pantai sih. Mungkin milih yang masih sepi aja. Kemarin pas ke sini penuuuuuuh banget pengunjungnya

      Hapus