Laman

Senin, 21 Desember 2015

#YearEndHoliday : Jalan-jalan ke Taman Buah Mekarsari Bogor

Liburan masih berlanjut ... setelah kembali ke Jogja, liburan pindah ke ... Jakarta! Base camp di rumahku. 

Kali ini kami naik kereta ekonomi. Sekarang sudah nggak disubsidi, jadinya tiketnya sudah mahal. 200 ribu lebih karena hari minggu. Tapi jauuuh lebih nyaman dibanding dulu. Ber-AC, toiletnya bersih, semua penumpang kebagian duduk. Dan yang paliiiing penting, disediakan colokan listrik di samping setiap kursi. Jadi nggak perlu khawatir kalau HP lowbat, bisa langsung dicharge ^_^

Semula aku agak bingung juga, karena sepupu-sepupuku, bulik dan keponakanku bakal menjadi tamu di urmahku, maka akulah yang bertanggungjawab memandu sampai rumah. Kami ber-6 termasuk bayi. Tidak cukup naik taksi sedan. Itulah pertama kalinya aku mencoba order grabcar tipe mobil mvp. Ternyata mudaaaah banget. Tarifnya pun murah. Mobil cukup untuk banyak orang plus bawaan segambreng ^_^

Untunglah nggak jadi dilarang yaaa... jadi kapan-kapan kalau butuh lagi bisa order lagi.

Kami naik kereta pagi, sampai di Stasiun Pasar Senen hampir pukul 6 sore. Naik grabcar sampai rumahku di daerah Cengkareng pukul setengah 8. Itu termasuk cepat lho karena hari Minggu. Nggak terbayang deh kalau hari biasa. Wuiiih, pasti macetnya bukan main.

Sampai rumah, capek dan lapaar. Segera kami melahap hidangan yang sudah disiapkan ibuku. Keesokan harinya, sepupu-sepupuku, bulik dan keponakanku berkunjung ke rumah bude-bude yang lain, untuk bersilaturahim sekaligus menyampaikan oleh-oleh yang dibawa sepupuku dari Belanda. Coklat yang enak-enak banget. Tentu saja keluargaku juga kebagian dong. Alhamdulillah setiap akhir tahun bisa merasakan coklat asli dari Belanda.

Sisa coklat yang sempat difoto. Yang lainnya sudah keburu dimakan ^_^

Hari berikutnya, barulah kami merencanakan jalan-jalan ke tempat yang tak jauh dari Jakarta. Akhirnya kami sepakat berkunjung ke Taman Buah Mekarsari.

Karena peserta piknik bertambah 3 orang, bapak, ibu dan adikku, jadi total ada 9 orang termasuk si baby imut, maka kami menyewa mobil yang panjaang. Suzuki ELF kapasitas 19 orang. Asyiiik! Legaaaa banget ^_^

Perjalanan lancar karena bukan hari libur. Harga tiket masuk 25.000. Kami diharuskan memakai gelang selama di dalam area.

Harus pakai gelang ini selama di dalam

Patungnya dipagari, terletak di depan lobi

Sebagian lobi
Keponakanku yang masih bayi juga ikut lho ^_^
Stiker green land tour-nya harus ditempel di bagian depan ya

Ada beberapa pilihan, mau jalan-jalan sendiri tanpa pemandu ada mobil kereta gratis. Kami memilih paket green land tour. Dengan paket ini, kami akan diantar dengan kereta mobil dan ada pemandu yang akan menjelaskan pohon-pohon yang kita lewati. Paket ini seharga 55.000 per orang. Iya, bayar lagi. Jadi totalnya 80.000 per orang ^_^

Dengan paket ini, kami diantar mampir ke 3 pos. Pos pertama kebun melon. Kami mendapat jus gratis dan boleh icip-icip melonnya. Bisa beli juga langsung metik sendiri. Melonnya maniiiiiiis banget. Beneran beda dengan yang biasa kubeli di dekat rumah.


Ini dia kereta mobilnya

Perjalanan dilanjutkan sampai ke kebun salak. Di sini kami mendapat masing-masing satu kantong salak. Lumayan ...

Ada penjelasan proses terjadinya buah salak

Di sini juga dipajang buah-buah Indonesia yang sudah langka. Ini kufoto 3 buah yang baru pertama kali kulihat. Asam selong itu rasanya asaaaaam banget. Sampai nyengir-nyengir deh makannya.





Setelah dari kebun salak, perjalanan dilanjutkan ke kebun belimbing. Di sini pun kami mendapat buah belimbing. Aku membeli buah yang bernama abiu ...rasanya unik, seperti buah kelapa, tapi buahnya kecil-kecil berkulit tipis mirip sawo. Sayang lupa difoto ^_^

Dalam perjalanan melewati kebun pohon nangka, kami diberitahu ada nangka yang unik. Nangka ini tanpa kulit. Jadi tiap satuan buah nangkanya dibungkus kulit masing-masing. baru pertama kali ini juga aku melihatnya. Takjub banget!


Nangkanya berkulit masing-masing buah

Terakhir kami dapat bonus diantar ke kebun duren. Bisa makan langsung duren kalau mau, atau beli buat dibawa pulang. Nyobain deh dikit. Enak sih, tapi mahaaaal yaaaa... :D

Kemudian, dari kebun duren, perjalanan dilanjutkan menuju danau. Di sekitar danau ada banyak lapangan berumput dengan berbagai kegiatan. flying fox dan lain-lain. Bisa juga menggelar tikar duduk-duduk tak jauh dari danau. Didekat tempat itu banyak tersedia warung-warung yang menjual minuman dan snack. Juga kaos dan suvenir.

Pemandu Green land tour hanya mengantar sampai tempat ini. Kami boleh duduk-duduk sampai berapa jam semau kami, lalu untuk kembali ke lobi utama, tinggal menunggu kereta mobil yang akan datang tiap sepuluh menit sekali. Gratis.


Kalau mau beli buah atau suvenir bisa juga di sini, di belakang lobi utama

Akhirnya ...selesailah tur kami keliling Taman Buah Mekarsari. Menjelang pintu keluar, kami masih mendapat gratis masing-masing satu bibit tanaman. Jadi totalnya ada 8 bibit tanaman! Waw!. Ada bibit pohon belimbing, jambu air, jeruk limau, dan sirsak.

Setelah itu saatnya pulang ... di gerbang menuju keluar unik, diberi tulisan ucapan terima kasih dalam berbagai bahasa.




Yang mau jalan-jalan ke sini, silakan yaaa ... tempatnya luaaaas banget. Ohiya, mau menginap juga boleh lho. Bisa di rumah pohon di pinggiran kebun buah, di kabin tepi danau, atau berkemah.

Selamat liburaaan ... Dari Jakarta, liburan akan dilanjutkan kembali ke Jogja. Tunggu liputan selanjutnya yaa... Happy holiday ^_^




Tidak ada komentar:

Posting Komentar