Laman

Minggu, 30 November 2014

Penulis pun harus rajin mempromosikan karyanya

Sungguh menjadi penulis itu adalah proses perjuangan tanpa henti.

Bukan hal mudah memiliki karya yang terbit menjadi buku dan dipajang di toko buku. Setelah memaluli serangkaian proses melelahkan mulai dari menulis naskah, mengirim ke penerbit, menunggu kabar layak terbit, mengedit, antri cetak, setelah akhirnya sebuah buku terbit, tugas penulis belum selesai.

Seorang penulis masih dituntut tidak pasif, diharapkan ikut aktif mempromosikan karyanya yang sudah terbit.

Aku pernah menghadiri sebuah acara yang diselenggarakan Gagas Media, disampaikan tips cara mempromosikan buku dengan memaksimalkan media sosial.

Aku ini tergolong orang yang sering ketinggalan mengikuti perkembangan teknologi media sosial. Namun sekarang ini aku sadar, pelan-pelan aku harus belajar.

Kali ini aku akan berbagi, jenis media sosial apa saja yang bisa kita manfaatkan sebagai media promosi karya kita?

Ini lima teknologi media sosial yang saat ini aku gunakan sebagai media promosi sekaligus sebagai media berinteraksi dengan teman dan pembaca karya-karyaku :

1. Facebook

--> Pasti teman-teman umumnya punya facebook kan? Akun yang satu ini sangat potensial untuk dijadikan media promosi. Biasanya kugunakan facebook untuk mengenalkan karya terbaruku pada teman-teman. Ada teman satu hobi, sesama penulis, ada teman kuliah dulu, teman sekolah, rekan kerja dulu, para pembaca karyaku, dan banyak lagi yang bisa mendapat informasi tentang karya terbaru kita di facebook.

Silakan add facebook-ku ya https://www.facebook.com/arumi.ekowati


2. Twitter

--> Ini juga salah satu media sosial yang sangat efektif untuk dijadikan sebagai media mempromosikan karya terbarumu. Dengan mengetwit bukumu yang baru terbit, teman-teman yang mengenalmu akan me-RT informasi yang kamu berikan, sehingga berita terbitnya karyamu itu bisa menyebar dengan cepat. Twitter juga bisa digunakan sebagai media untuk berbagi foto dan video.
Boleh follow twitterku @rumieko ^_^


3. Blog

--> Membuat blog mengasyikkan. Buatlah yang sederhana saja seperti blog-ku ini. Aku mempelajarinya sendiri. Pelan-pelan aku mencoba merapikan sendiri blogku ini. Memang tidak setiap hari aku bisa menulis di blogku ini. Tapi kuusahakan tiap bulan ada yang aku posting di blogku ini. Di sini aku biasa menuliskan sinopsis dan behind the story karya-karyaku. Jadi siapa pun bisa membacanya di blogku ini.


4. Instagram

--> Ini baru saja aku mulai. Awalnya aku pernah membuatnya tapi tidak kuaktifkan. Baru tahun ini aku mulai memberdayakan akun instagramku. Ternyata juga merupakan media sosial potensial untuk dijadikan media promosi karya terbaru kita. Dengan hastag yang tepat, foto yang kita posting di instagram bisa dilihat banyak orang dan semakin banyak yang membaca informasi tentang buku karya kita yang baru terbit. Selain itu, di instagram kita bisa membuat video singkat lho, seru banget!

Follow instagramku yaa http://instagram.com/arumi_e/

5. Google+
--> Sudah punya google+ kan? Ini juga media efektif untuk mengenalkan hasil karya kamu lho, yang bisa nge-link dengan blog dan akun youtube. Asyik banget. Follow Google+ ku https://plus.google.com/u/0/Arumi E


6. Youtube

--> Nah yang satu ini baru saja aku tekuni beberapa hari ini. Awalnya dulu aku mengira mmebuat video di youtube sulit. Setelah aku mencoba sekali, ternyata menyenangkan sekali. Semakin lebar kesempatan untuk mempromosikan karyaku. Sejak kemarin aku sudah berhasil membuat video book trailer novel-novel karyaku. Ah, menyenangkan dan mudah sekali.

Ini beberapa video tentang novel-novelku yang kubuat di youtube. Yuk, nonton yaa. Boleh Subscribe jugaa di sini https://www.youtube.com/channel/Arumi E ^_^












3 komentar:

  1. Assalamu'alaikum Mbak Arumi, saya salah satu orang yg kagum dg karya novel2 mbak, Imagine! Dalam 1 thn ada sekitar 5 novel yg terbit di berbagai penerbit (Elexmedia, Gramedia, Gagas Media, etc).
    Nah, kali ini saya meminta tips bwt nulis novel atau cerpen. Apakah boleh? :)
    Bagaimana caranya menghidupkan suasana dalam sebuah cerita novel? Dan apa saja karakter yg dibentuk dlm cerita novel agar terlihat unik & menarik?

    Mohon diberikan penjelasannya mbak, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam Safiksi. makasih ya sudah mampir blogku. Waah, jawabannya bakal panjang tuh. Nanti aku jadikan psotingan khusus aja ya. Dijawab di sini kepanjangan. Kalau tips menulis lainnya ada lumayan banyak di kategori tips dan menulis. Bisa dibaca2 :)

      Hapus
  2. Terima kasih mbak rumi, sdh berkenan menjawab.
    Dengan senang hati kalau dibuat postingan khusus utk tips menulis.
    Terima kasih mbak rumi :)

    BalasHapus