Laman

Sabtu, 26 Juli 2014

Memories as architect : Ada Paris dan Jerman di Jogja ...

Ramadan hampir berakhir, dua hari lagi Hari Raya Idul Fitri.

Sebelum lebaran, aku ingin berbagi kisah pengalamanku saat merasakan ramadan di Jogja.

Tahun 2006 paska gempa dahsyat di Jogja, aku mendapat kesempatan ditugaskan di kota eksotis itu. Saat itu aku masih bekerja sebagai arsitek di kantor konsultan perencana PT. Hoemar Tjokroatmojo Architecture and Interior Design.

Aku senang sekali ditugaskan di Kota Jogja, bukan hanya karena aku cinta kota Gudeg itu, tapi juga karena di sanalah daerah asal muasal keluargaku.

Ibuku lahir dan besar di desa Janten, sebuah desa yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Jogjakarta. Memang cukup jauh dari Kota Jogja, butuh waktu satu jam perjalanan dengan kendaraan bermotor untuk mencapai Kota Jogja dari Desa Janten.

Rumah peninggakan Mbahku di Desa Janten, Temon, Kulon Progo
Tempat kami berkumpul setiap kali pulang kampung

Ditugaskan di Kota Jogja, berarti aku punya kesempatan untuk mengunjungi saudara dan kerabatku di Kulon Progo. Ada seorang bulikku dengan dua anak perempuannya yang tinggal di sana. Juga nenekku yang ketika itu sedang sakit.

“Jangan lupa, sering-sering menengok Mbah Widi.” pesan Ibuku.

Mbah Widi adalah sebutanku untuk nenekku dari pihak Bapakku. Hanya beliau satu-satunya nenek yang ketika itu masih aku punya.

Aku mengangguk. Pasti aku akan mengunjungi beliau. Karena selama ini aku sibuk bekerja di Jakarta, hanya setahun sekali aku punya kesempatan mengunjungi saudara dan kerabatku di Desa Janten. Dan kali ini adalah kesempatan langka aku ditugaskan di Kota Jogja, kota favoritku.


Sekolah SDN tepat di depan rumah peninggalan Mbah Janten

Kantor tempatku bekerja di Jakarta, bergerak dibidang konsultan desain. Setelah musibah gempa di Jogja itu, kantorku mendapat beberapa proyek untuk merenovasi bangunan-bangunan Departemen Perindustrian yang rusak akibat gempa. Aku ditugaskan bersama empat orang temanku. Kantor kami menyewakan sebuah rumah di kota Jogja untuk tempat kami tinggal dan bekerja selama bertugas di Jogja.

Kami terenyuh meyaksikan bangunan-bangunan yang rusak akibat gempa dahsyat dulu itu. Banyak masyarakat yang kehilangan rumah, terutama di daerah Bantul. Gedung-gedung Departemen Perindustrian yang harus kami renovasi juga rusak cukup parah dan sangat rentan bahaya. Harus segera direnovasi jika ingin tetap dipakai untuk kegiatan mereka sehari-hari. Aku dan keempat temanku membagi-bagi tugas, karena ada banyak gedung yang harus kami survei di lokasi yang berbeda. Tapi terkadang kami survei bersama-sama. Hingga memasuki masa Ramadhan, kami masih bertugas di Jogja.

Waktu berpuasa menjadi tak terasa karena kami semua sibuk bekerja. Kami  membuat jadwal, kapan hari untuk survei lokasi, kapan presentasi, dan kapan waktu mengerjakan gambar-gambar perencanaan dan gambar kerja serta membuat proposal.

Aku bertugas sebagai arsitek, yang membuat konsep dan gambar perencanaan. Dibantu dua temanku, Yana dan Dika yang membuat gambar kerja. Kiki kebagian tugas membuat rencana anggaran biaya. Sementara Mas Egoy bertugas menyusun proposal proyek renovasi bangunan-bangunan itu.
Kami sepakat, selama bulan puasa itu, kami hanya bekerja hingga pukul empat sore. Sesudah itu kami bersiap-siap menyambut waktu berbuka. Selama di Jogja, kami mencoba beberapa tempat yang dikenal sebagai tempat mencari makanan berbuka.

Seperti di pasar kota Gede, yang jaraknya lumayan dekat dari rumah kontrakan kami, aku merasakan sensasi yang berbeda berburu makanan berbuka di sebuah pasar di Kota Jogja. tentunya sangat berbeda dengan yang biasa aku santap di Jakarta. Ada gethuk, makanan dari singkong yang direbus, ditumbuk bersama gula. Ada tempe benguk, tempe bacem terbuat dari kacang benguk. Hm, cukup lucu ya namanya?
Kadang kami mencari makanan untuk berbuka di Jerman. Tak terbayang ada Jerman di kota Jogja, kan?

Tapi Jerman yang ada di Jogja, tentulah berbeda dengan Jerman yang ada di Eropa. Jerman di Jogja adalah singkatan dari Jejer Kauman. Kauman adalah sebuah daerah di kota Jogja. Ada sebuah gang terkenal di daerah itu yang setiap bulan puasa, menjelang berbuka dipenuhi oleh penjual makanan berbuka yang berjejer menggelar dagangannya di sepanjang gang itu. Karena itulah disebut Jejer Kauman. Masyarakat Jogja memang suka sekali membuat singkatan-singkatan yang terdengar unik, seperti Jejer Kauman disingkat Jerman.

Kami juga pernah berbuka puasa di Paris. Aneh ada Paris di Jogja? Paris di sini adalah Pantai Parangtritis. Begitulah masyarakat Jogja, senang sekali menciptakan singkatan nama sebuah lokasi hingga terdengar unik. Ini salah satu hal yang kukagumi dari kreatifitas masyarakat Jogja yang memang sebagian besar masih berjiwa seni tinggi dan lekat dengan budaya setempat dalam keseharian mereka.

Di daerah Paris, ada namanya Pantai Depok yang menjadi pusat penjualan ikan segar hasil tangkapan nelayan seperti ikan, kepiting, lobster, udang, cumi yang masih segar langsung dibawa dari laut. Di sini, kami bisa memilih dan membeli bermacam-macam hasil laut yang kami inginkan. lalu kami bawa ke pondok-pondok yang menyediakan jasa memasakkan ikan menjadi masakan seafood lezat, seperti cumi saos tiram, kepiting saos Padang, ikan Kuwe bakar.

Ada bayi hiu juga di sana! Ugh, karena penasaran dengan rasa hiu, hewan yang eksotis itu, maka aku pun membeli seekor untuk di panggang dan dimakan dengan sambal kecap. Nikmat juga rasanya! Total harga semuanya jauh lebih murah daripada masakan seafood di Jakarta. Kami pun puas dan kenyang!

Tapi sekarang aku sadar, sebaiknya ikan hiu (kalau memang benar itu ikan hiu) jangan ditangkap sembarangan. Biarkan mereka tumbuh tanpa diusik. Karena perkembangan mereka tentunya tidak semudah ikan lain yang biasa dikonsumsi manusia (benar nggak ya?)

Saat pekerjaan kami mendekati selesai, kami memanfaatkan waktu untuk rehat sejenak dengan jalan-jalan bersama-sama ke Borobudur. Ah, lumayan refreshing.

Borobudur dulu, tak lama sesudah gempa Jogja

Aku dan teman-temanku, bertahun-tahun lalu ^_^

Bangunan bersejarah di Jogja
Foto by Mas Egoy

Aku arsitek dan temanku Kiki penyusun RAB


Selama masa tugasku di Jogja, aku sempatkan untuk mengunjungi nenekku, Mbah Widi, yang tinggal di Desa Kulur, juga di Kabupaten Kulon Progo, Jogjakarta. Lokasinya sangat jauh dari Kota Jogja. Di sini juga bapakku menghabiskan masa kecilnya. Jadi bisa dibilang bapak dan ibuku tetanggan deh, sama-sama tinggal di Kabupaten Kulon Progo hanya beda desa.

Aku minta diantar sepupuku Mei untuk mencapai rumah Mbah Widi. Jalan menuju ke sana belum beraspal dan sedikit mendaki. Tetapi sesampai di sana, aku mendapatkan pemandangan yang luar biasa indahnya. Sawah hijau membentang di lereng bukit Jeruk, salah satu bukit yang terdapat dalam jejeran bukit Menoreh. Oh, indahnya! Udaranya pun masih terasa sejuk dan segar. Bebas polusi!

Ketika itu Mbah Widi terlihat lebih sehat, walau beliau sudah tak mampu lagi berdiri dan berjalan. Usianya telah mencapai tujuh puluh enam tahun. Mbah Widi dirawat oleh bulikku, Bulik Pri. Aku senang sekali melihat rona senang di wajah Mbah Widi ketika melihatku datang.

“Ealah, lama nggak kelihatan cucu Mbah...”sambut Mbah Widi, senyumnya memperlihatkan giginya telah banyak yang tanggal.

Aku menghampirinya dengan senyum tak kalah sumringah, kucium punggung tangan kanannya, lalu kukecup pipi kanan dan kirinya.

“Maaf, Mbah, aku baru sempat berkunjung sekarang.” ucapku lembut sedikit merasa bersalah.

“Cucu Mbah ini sibuk cari duit...” kata Mbah Widi lagi, senyumnya semakin lebar, ompongnya semakin jelas terlihat.

Melihat kerentaannya, membuat rasa bersalahku semakin berlipat. Rambutnya telah semua memutih. Aku bekerja jauh di Jakarta dan tiap hari tenggelam dalam kesibukkanku menjalani tugas kantor, hingga hanya mendapat kesempatan berkunjung setahun sekali. Ini pun kebetulan aku ditugaskan di Jogja, jika tidak, maka aku hanya berkunjung menjelang hari raya Idul Fitri saja.

Aku sadari saat itu, karena Mbah Widilah maka aku hadir di dunia ini sebagai keturunannya. Semoga tak kulupakan itu, tak membuatku lantas alpa untuk memperhatikan beliau. Hari itu aku tak menginap. Sorenya aku harus kembali ke Kota Jogja, kembali berkutat dengan tugas-tugas kerjaku. Tapi aku berjanji kepada Mbah Widi dan pada diriku sendiri, selama aku bertugas di Jogja, aku akan sering mengunjunginya.

Sudah sebulan lebih aku bertugas di Jogja ketika menjelang bulan puasa yang hampir habis, aku mendengar kabar dari Bulik Pri bahwa Mbah Widi kembali terserang sesak nafas dan kemudian dirawat di Rumah Sakit yang cukup jauh dari rumah walau pun masih di kabupaten Kulon Progo. Aku segera meminta ijin teman-temanku yang juga bertugas bersama untuk kembali mengunjungi Mbah Widi. Aku tak menyangka teman-temanku justru menawarkan untuk ikut berkunjung. Maka, berangkatlah kami bersama ke Rumah Sakit Daerah Wates, di Kulon Progo.

Kami berangkat menjelang sore dan sampai di rumah sakit itu sesudah magrib. Sungguh aku menyesal karena tak datang lebih cepat, kawan! Aku terlambat hanya beberapa menit. Mbah Widi telah selesai menghembuskan nafasnya terakhir begitu aku menjejakkan kaki di kamarnya di rumah sakit itu. Aku terkejut melihat ada sesosok tubuh yang ditutupi selimut putih hingga ke wajahnya. Bulik Pri dan beberapa kerabatku yang lain telah berkumpul di sekeliling tubuh berselimut itu. Aku disambut dengan kalimat Bulik Pri yang mengejutkan.

“Rum, Mbah Widi udah nggak ada...”

Aku sedih karena datang terlambat. Menyesal tak datang sejak pagi. Tak kusangka kepergian Mbah Widi begitu cepat, padahal baru satu minggu sebelumnya aku mengunjunginya dan beliau terlihat masih sehat. Memang jika Allah sudah berkehendak, tak ada yang bisa kita lakukan kecuali menerima ketetapan-Nya dengan hati ikhlas.

Malam itu aku mengantar jenazah Mbah Widi kembali ke Desa Kulur. Aku ikut memandikan jenazahnya malam itu juga. Teman-temanku masih setia menemaniku di sana. Karena rumah Mbahku mendadak menjadi banyak orang, maka kami berlima tidur berdesakan dalam mobil kantor yang dibawa temanku. Untunglah mobil itu lumayan lega.

Keesokan paginya, saudara dan kerabatku dari Jakarta termasuk Bapakku datang juga ke rumah Mbah Widi. Bersama-sama kami mengantarkan jenazahnya ke tempat peristirahatannya yang terakhir. Dua hari kemudian saudara, kerabat dan Bapakku kembali ke Jakarta, sementara aku kembali ke Kota Jogja melanjutkan tugasku.

Tiga hari sebelum Idul Fitri, aku dan empat temanku kembali ke Jakarta. Kami memilih merayakan lebaran di Ibukota. Tahun itu adalah bulan Ramadhan yang paling berkesan sekaligus mengharukan buatku, karena saat itu adalah pertama kali aku menjalani Ramadhan jauh dari Bapak, Ibu dan adik-adikku. Juga karena Ramadhan tahun itu aku kehilangan Mbah Widi, nenekku yang terakhir. Semoga arwah beliau mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT, terutama karena beliau wafat di bulan suci Ramadhan, bulan penuh ampunan. Aamiin.

4 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

    BalasHapus
  2. Ibu sy jg asli lahiran di desa ja nten temon mbak..terus tinggal di kota yogya. kakek sy dulu semasa hidupnya adalah lurah desa janten..mungkin ibunya mbak tahu, namanya mbah lurah kromopawiro. Lebaran disana memang hal yg sngat menyenangkan dan sangat berkesan. Dulu tmpat mbah sy saat lebaran kalau belum lebaran ke-7 belum selesai lebarannya, karena mbah sy lurah jadi tamunya gak habis2. Waktu kecil kalau lebaran kita biasanya terus plesir ke pantai congot. Dan yang paling khas dan ngangenin adalah makanan khas yg hanya keluar saat lebaran, yaitu kocrot..hmm jadi pengen kembali ke masa kecil yg menyenangkan. Skrg mbah kakung dan mbah putri dah lama meninggal. Yg di sana tinggal paklik dan bulik yg masih bertahan, karena paklik/bulik lainnya pada merantau ke luar daerah

    BalasHapus
  3. Wah hebat sekarang Arum sdh jd penulis terkenal, msh ingat dg seorang teman yg istrinya dr Cirebon gak rum, dl arum dan teman teman pernah nginep, selamat dan sukses ya rum,

    BalasHapus
  4. Msh ingat nama Baron kan rum, anak ku yg cewek juga punya cita cita jadi penulis dan sekarang punya tutor nya he he

    BalasHapus