Laman

Jumat, 15 November 2013

Resensi Film : SWEET NOVEMBER

Trailer Sweet November

Di bulan November ini, sepertinya pas banget kalau membahas film romance dengan nuansa bulan November. Ceritanya romantiiis , sekaligus mengharukan ... mempertemukan lagi Keanu Reeves dengan Charlize Theron yang pernah main bareng di Devil's Advocate.

Sebelum nonton film ini, siapin tisu yaaa...

Ost Sweet November, "It's not Goodbye"

Judul : SWEET NOVEMBER
Pemain : Keanu Reeves dan Charlize Theron
Produksi tahun 2001


Nelson Moss (Keanu Reeves) adalah seorang advertising executive. Dia super sibuk berkarir hingga tak sempat mengurus hal pribadi. Punya kekasih, tapi dia tak terlalu peduli. Diajak bertemu orangtua kekasihnya pun ada saja alasannya buat menolak. Yang ada di pikirannya hanya soal pekerjaan.

Sampai suatu hari dia harus mengurus izin mengemudinya. Dia harus ikut tes, saat mengerjakan tes ada seorang gadis yang mengganggunya, membuat dia dikeluarkan. Gadis aneh itu bernama Sara Deever (Charlize Theron).



Sara malah menawarkan pada Nelson, akan mengajarinya cara menikmati hidup dan peduli pada orang lain. Menurut Sara, kesibukan Nelson bekerja dan akibat terlalu fokus pada karirnya, membuat Nelson menjadi pribadi yang dingin, yang tak peduli pada orang lain. Sara menawarkan Nelson tinggal bersamanya selama bulan November. Tentu saja awalnya Nelson menolak dan menyebut itu tawaran gila.



Saat Nelson dipecat dari pekerjaannya sekaligus dicampakkan oleh kekasihnya, barulah dia menerima tawaran Sara. Setelah mengenal Sara lebih lama, Nelson sadar, Sara gadis yang unik, tidak seperti gadis lain yang pernah dia kenal. Sara mudah bergaul dan selalu ceria. Menjalani hidup dengan santai. Perlahan, sikap dingin Nelson mencair. Ia mulai menikmati hal-hal kecil dalam hidup. Lebih banyak tertawa dan peduli pada orang lain.




Setelah berhari-hari tinggal bersama Sara, Nelson semakin dekat dan memahami Sara. Seringkali Sara membuatnya tertawa. Nelson mulai jatuh cinta pada Sara. Tapi anehnya, saat ia mulai menganggap serius hubungannya dengan Sara dan tak ingin menjadi hubungan sesaat selama bulan November saja, Sara malah menjauh.

Nelson tidak tahu Sara menyimpan sebuah rahasia menyakitkan. Sara mengidap penyakit kanker dan sekarang ini sedang sekarat. Karena itu dia ingin menikmati akhir hidupnya dengan kencan setiap bulan bersama lelaki yang berbeda-beda.


Nelson terus mencari Sara yang tiba-tiba menghilang, sampai akhirnya ia temukan. Ia bawakan bunga dan ia melamar Sara. Nelson ingin hidup bersama Sara untuk selamanya, bukan hanya selama bulan November seperti kesepakatan awal mereka.





Sebelum menjawab lamaran Nelson, Sara menceritakan pada sahabatnya tentang Nelson yang melamarnya. Sahabatnya bilang,"Kamu sudah biasa dilamar sama pacar-pacarmu di bulan-bulan sebelumnya kan?"

"Iya, tapi baru kali ini aku ingin menjawab 'yes'. Tapi aku tak ingin menyakiti hati Nelson, aku takut dia kecewa kalau tahu keadaanku yang sebenarnya," jawab Sara.

"Life is Miracle"
Ya ampun, lagu ini makin bikin nangiss... hikss

Akhirnya Nelson tahu tentang penyakit Sara, dia sedih tapi tak ingin menyerah. Nelson tetap ingin mendampingi Sara sampai akhir.


Tapi Sara memutuskan tetap ingin menolak lamaran Nelson. Dia tidak ingin Nelson melihat kepergiannya. Dia ingin Nelson mengenangnya seperti dia yang sekarang yang masih hidup.

Di akhir November, Sara berpamitan pada Nelson. Dia akan kembali ke rumah orangtuanya dan memohon Nelson tidak mengejarnya. Dia menyarankan agar Nelson melanjutkan hidupnya. Sara yakin, kehidupan Nelson akan lebih baik karena Nelson sekarang sudah menjadi pribadi yang lebih hangat dibanding awal mereka bertemu.

Sara telah mengajarkan Nelson bagaimana sungguh-sungguh mencintai seseorang.



Sara mengajak Nelson bertemu di taman tempat biasa mereka kunjungi. Di situ Sara mengucapkan selamat tinggal. Dia menutup mata Nelson dengan syalnya. Kemudian dia menghilang dari hadapan Nelson.



Saat Nelson membuka penutup matanya, Sara sudah tak ada lagi di hadapannya. Ia harus merelakan Sara. Ia berjanji tak akan pernah melupakan Sara. Sara akan tetap ia kenang sebagai gadis penuh semangat yang selalu memandang hidup ini dengan positif. Sara mengajarkan Nelson, tak perlu mengejar uang hingga mengorbankan kesempatan untuk berinteraksi dengan banyak orang dan mengajarkan Nelson bagaimana rasanya jatuh cinta.


Begini cara Sara mengucapkan selamat tinggal pada Nelson
Ini soundtrack Sweet November, "Only Time" dinyanyikan Enya, makin mengaduk-aduk perasaan ... Siapin hati yaaa...



Sediiih filmnya, tapi romantiiis, dan seperti biasa Keanu terlihat ganteng. Oya, peringatan ya, film ini untuk dewasa, yang masih remaja kalau mau nonton harus didampingi orangtua yaaa... ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar