Laman

Jumat, 21 Juni 2013

Cermin : Menulis itu Nggak Gampang





Ya, setelah aku menulis begitu banyak cerita dan sudah sekian lamanya menulis, baru kusadari sekarang, menulis itu nggak gampang.

Aku mengawali karir menulisku, dalam arti mempublikasikan hasil karyaku pertama kali tahun 2005. Itulah pertama kalinya cerpen teenlit karyaku dimuat di sebuah majalah remaja nasional Aneka Yess. Cerpenku itu berjudul "Kucing Misterius", terinspirasi dari kucing tetanggaku yang sering main ke rumahku. Saat itu senangnya bukan main melihat hasil karyaku terpampang dalam sebuah majalah yang banyak dibaca remaja.

Kemudian pengalaman menulisku pun dimulai. Cerpen-cerpen remaja karyaku semakin banyak yang dimuat di majalah remaja. Kawanku, Hai, Teen Magazine, Tabloid Gaul, sampai kemudian aku tertarik menulis cerita anak. Ternyata tidak mudah menulis cerita anak. Aku harus mengalami kegagalan dan penolakan yang justru lebih banyak dibanding saat menulis cerpen remaja.  Tetapi aku pantang menyerah. Setelah dua kali gagal mengikuti lomba menulis cerpen anak, akhirnya dimuatlah cerpen anak karyaku pertama kali di Majalah Kreatif. Kemudian berturut-turut di majalah Bobo. Lalu di majalah Girls sampai kemudian aku merasa sangat senang ketika cerpen anak karyaku dimuat di Kompas Anak Minggu setelah sempat mengalami penolakan sebanyak dua belas kali!

Senangnya bukan main, apalagi kemudian tiga cerpenku dan tiga resensi buku anak tulisanku berhasil dimuat di Kompas Anak. Karena semua ini berhasil kucapai setelah aku mengalami banyak kegagalan.

Sudah cukup banyak cerpen karyaku yang dimuat di berbagai media,kurang lebih hampir mencapai enam puluh cerpen, aku mulai tertarik untuk meningkatkan mimpiku ini menerbitkan karyaku dalam buku. Mulailah aku mengikuti berbagai lomba antologi. Beberapa berhasil kumenangkan. Tercatat karyaku termuat dalam antologi "Anak Kos Gokil", "Dua Sisi Susi" "Crazy Moment".

Beberapa kali ikut dalam bermacam buku antologi, memacuku untuk mulai meningkatkan mimpiku ingin menerbitkan karyaku berupa novel solo. Kesempatan ini pun terwujud. Saat aku ditantang untuk menulis novel, yang awalnya seolah mustahil kulakukan, ternyata aku mampu menyelesaikan naskah novelku. Di antaranya aku sudah menulis novel teenlit Cinta Bersemi di Putih Abu-Abu, Tahajud Cinta di Kota New York, Jojoba, Amsterdam Ik Hou Van Je dan Longest Love Letter, Hatiku Memilihmu.
.
Setelah sekian banyak pencapaianku, justru baru sekarang aku menyadari menulis itu nggak gampang. Nggak gampang, karena banyak sekali hal yang harus kita ketahui sebelum menulis. Terutama mengenai etika kepenulisan.

Ada kritik untuk salah satu novel karyaku, mengenai cara aku menyampaikan data referensi yang dianggap masih menyerupai artikel. Kritik ini menjadi pelajaran besar bagiku, karena dalam naskah selanjutnya yang kutulis, editor membimbingku agar lebih berhati-hati dan menyarankan aku menggambarkan setting sebuah tempat melalui menonton video dan melihat foto-foto tempat tersebut.

Bukan hal mudah menciptakan karakter-karakter tokoh, menciptakan alur cerita, menuangkan segala ide cerita, kemudian menuliskannya. Hampir setiap malam kulalui dengan berjaga hingga lewat tengah malam, sesekali malah hampir pagi.  Sampai akhirnya aku berhasil mencapai 57 ribu kata. Cerita ini adalah hasil pemikiranku sendiri, yang kujalin berhari-hari lamanya dengan mencurahkan segala isi kepalaku.

I love this quote from Manager's Diary

Apa yang kupetik dari kejadian ini? Aku berkesimpulan, menulis itu nggak gampang, tetapi bagi rekan-rekan yang baru saja akan mulai menulis, jangan khawatir, bukan berarti menulis itu sulit.

Saat aku tahu di mana letak kesalahanku, sebagai penulis yang mau belajar dan bersedia memperbaiki diri, maka aku akan berusaha tidak mengulangi kesalahan yang sama. Di karya-karyaku selanjutnya, aku akan lebih berhati-hati lagi karena aku tidak mau, karir menulis yang sudah kubangun selama bertahun-tahun dengan banyak keringat dan doa menjadi rusak hanya karena kesalahan kecil. Sudah kulalui pahit dan getirnya dunia kepenulisan selain juga bahagia dan senangnya, sampai akhirnya kini karya-karyaku bisa diterima pembaca dan dipercaya beberapa editor. Kejadian ini kujadikan sebagai titik balik bagiku untuk menghasilkan karya yang lebih cemerlang lagi.

Aku bersyukur, masih banyak pihak yang berkenan memberiku kesempatan untuk memperbaiki karyaku. Aku menyadari, aku hanyalah seorang yang masih belajar menulis, bukanlah sastrawan besar. Karena itu aku siap menjalani proses belajar menulis dengan cara paling sulit sekali pun.

Saat karyaku dikritik, aku menerima kritik itu dengan hati yang terbuka. Aku anggap sebagai kepedulian teman-teman agar aku tidak lagi melakukan kesalahan di masa yang akan datang.

Alhamdulillah, aku dianugerahi pembaca-pembaca setia, yang menikmati kisah-kisah yang aku tulis, bahkan teman-teman pembaca selalu mendorongku agar tak berhenti berkarya, menulis lebih banyak lagi dan lebih bagus lagi.

Hm, aku ingat quote dari aktor favoritku :

"The best way to change is make mistakes, and then keep moving on" - Keanu Reeves as Henry Torne in Henry's Crime

Berani mencoba, lalu melakukan kesalahan, kemudian berusaha keras memperbaiki kesalahan itu adalah lebih baik daripada tidak pernah mencoba sama sekali, kan? Untuk berubah menjadi lebih baik, mungkin memang harus melalui kesalahan yang tidak kita sadari.

Aku berani mencoba menulis kisah dengan setting luar negeri misalnya, walau belum pernah ke tempat itu, hanya berdasarkan wawancara dengan sepupu atau teman yang tinggal di sana dan masukan dari berbagai sumber. Jika ternyata caraku salah, pengalaman ini membuatku memahami, bagian mana dari pengolahan data pendukung yang perlu diperbaiki.

Aku bersyukur dianugerahi keluarga yang baik, yang mendukungku penuh, meyakinkan aku kritik ini hanyalah kerikil kehidupan yang memang harus kulalui, dan meyakinkan aku bahwa "Akan selalu ada pelangi sehabis hujan"

Bagi yang tidak mengenalku tetapi kemudian menghakimiku hanya dari sedikit info yang mereka baca, aku pun tetap mengucapkan terima kasih. Karena semua kritik, baik yang disampaikan dalam bahasa santun maupun yang disampaikan dalam bahasa paling menyakitkan, semuanya memberikan aku pengalaman berharga.

Satu lagi saranku bagi yang juga ingin menekuni menulis, jangan putus asa saat ada yang berusaha menjatuhkanmu, ketika ada yang menudingmu membuat kesalahan, lalu kesalahanmu itu disebarluaskan, bahkan orang itu mempengaruhi orang lain untuk ikut menghujatmu juga. Tegarlah! Tunjukkan kamu tidak sepicik mereka. Hadapi dengan kepala tegak, buktikan kamu tidak seburuk yang mereka bilang, buktikan hanya dengan menghasilkan karya yang lebih baik lagi, tidak perlu balik menyerang. Biarkan karyamu selanjutnya yang berbicara.

Memutuskan menekuni pekerjaan menulis, harus memiliki mental baja. Selama karir menulisku, aku sudah mengalami banyak hal mengecewakan dan menyakitkan. Tapi aku pantang mundur. Aku akan tetap maju. Hanya itu satu-satunya cara untuk menjadi seorang penulis yang berhasil.

Mari menulis dengan baik dan hati-hati. Pelajaran berharga ini tidak membuatku kehilangan semangat, justru membuatku semakin antusias ingin memperbaiki diri, membuktikan pada banyak orang bahwa aku bisa berkarya  dengan mencurahkan segala pikiranku sendiri. Agar tidak sia-sia bermalam-malam yang kuhabiskan untuk merangkai ide yang ada di dalam kepalaku.

Menulis itu nggak gampang.

Sebaiknya kita benar-benar paham apa yang ingin kita tulis. Tetapi menulis itu juga nggak susah, selama kita mau menerima saran dan kritik membangun, selama kita nggak menyerah untuk terus semangat berkarya...

Mari terus berkarya.... ^_^

Dan langsung kubuktikan dengan terbitnya novel teenlit terbaruku : JOJOBA.

Nantikan karya-karyaku selanjutnya yang lebih baik :)




Aku bangga dengan tiga karyaku yang terbit berurutan di bulan Juni ini. Karya yang kuhasilkan dari kesungguhan dan kerja keras berhari-hari lamanya hingga larut malam.




Jangan ketinggalan, kalau sempat baca juga yaa, bukuku yang ini "Heart Latte" 12 kisah manis romantis yang terjalin di kafe yang sama, Crown Cafe. Dijamin, semua cerita ini hasil dari ideku sendiri, Ada satu karya yang pernah dimuat di Majalah Sekar. Endingnya... hiks... Semoga kisah-kisah di dalamnya memberi makna bagi yang membacanya. Aamiin^_^


Novelku terbaru, salah satu yang terpilih dalam ajang
Publisher Searching for Author (PSA) Grasindo
Aku pantang menyerah, aku tetap berkarya.
Tunggu karya-karyaku selanjutnya yaaa
Aku pastikan akan selalu lebih baik dari sebelum2nya ^_^
Info terbaru. Novelku akhirnya terbit di salah satu penerbit idamanku Gramedia Pustaka Utama, berjudul 

"HATIKU MEMILIHMU" 

Ini adalah bukti, semangat pantang menyerah dan mau memperbaiki diri, pada akhirnya akan membuahkan hasil. Alhamdulillah ^_^

Ini juga bukti nyata, jika kamu punya kemauan keras untuk memperbaiki diri, editor-editor super keren bersedia menampung karya-karyamu yang juga keren. I love my editors ^_^






Teenlit karyaku terbaru, terbit 9 Juni 2014
Salah satu mimpiku yang terwujud, dipercaya ikut menulis seri setiap tempat punya cerita Gagas Media
Terbit November 2014

Terbit Desember 2014


Terbit Februari 2015


Ini di antaranya buku-buku yang telah terbit ^_^



Satu pesanku, sebelum men-judge orang, pikirkan ini dulu yaaa ^_^ Jika ingin memberi kritik pada orang lain, sampaikanlah dengan santun, jangan terjebak menjadi usaha menjatuhkan nama baik seseorang. Bersikaplah elegan :)


Quote from Manager's Diary



Tak usah banyak bicara, buktikan saja dengan karya ^_^



21 komentar:

  1. Balasan
    1. Terima kasih Say, sudah berkenan mampir ke blogku.

      Semoga apa yang aku alami ini bisa menjadi pelajaran bagi bagi kita semua. Mari tetap semangat berkarya. Belajar dari kesalahan untuk menulis lebih baik lagi ^_^

      Hapus
  2. Makin tinggi pohon maka makin besar pula anginnya
    sedikit kerikil tajam terkadang membuat kita terluka tapi percayalah waktu akan mengurai segala.
    kerja keras, perjuangan dan doa yang telah dipanjatkan tidak akan menjadi sia - sia
    karena Tuhan maha melihat

    fighting my lovely friend, whatever happen just keep moving on

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya Allah, aamiin... Thank you my friend doa dan dukungannya... *peluk dan cium ^_^...kemarin abis nonton G Dragon di acara Thank You, dia cerita gimana masa-masa sulitnya dulu, waaah... ternyata memang perjalanan seseorang menuju cita-cita itu ga bisa lepas dari cobaan, selama kita sanggup melalui dan tetap tegar, maka kita menjadi orang-orang tangguh :)

      Hapus
  3. halo arumi jujur saja saya nyasar ke blog kamu, saya kaget ternyata kamu penulis yang bukunya sering tertata di gramed, saya pengen beli novel kamu abis gajian kayanya hehehe, baru beberapa blog saya suka apalagi novel ^^ saya pelahap novel tapi belom berani nulis apapun. senang menyasar disini. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Melissa, waaah, makasih ya sudah bersedia 'nyasar' ke blogku :) Senang sekali kalau kamu suka membaca isi blogku ini dan berniat membeli novel-novel karyaku. Ayooo, berani nulis juga. Dan kunjungi terus blogku ini ya, bakal ada info-info novel-novel terbaru karyaku berikutnya.
      Salam hangat ^^

      Hapus
  4. q pnya cita-cita nulis novel, tapi smpe skrg blm ada waktu :(
    pengalaman diatas, bisa jd motivasi. Makasih! :)

    oh iya sis, bisa kasi refrensi gak, dimana qt bisa ikut lomba cerpen online atau majalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Indri, makasih ya sudah berkenan mampir ke sini. Kamu bisa follow penerbit @divapress01Penerbit ini sering mengadakan lomba menulis novel. Ayo semangat ya. Jangan takut salah, selalu ada kesempatan untuk memperbaiki kesalahan kita :)

      Hapus
  5. Salam kenal, aku Rida.
    Sangat menginspirasi sekali tulisannya.
    Saya juga suka nulis, salah satu cerpen saya muat di majalah Gadis, seneng banget rasanya. Semoga cerpen selanjutnya bisa muat di majalah juga, amin. Dan bisa nulis novel sendiri kayak mbk Arumi, amiiin. Dream, believe, make it happen. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Rida, salam kenal juga. Waaah, selamat ya cerpennya dimuat di Gadis. Awal yang keren banget. Lanjutkan semangat nulisnya. Semoga cita-citamu tercapai, aamiin ^_^

      Hapus
  6. assalamualaikum
    hai menginspirasi sekali tulisannya,aku jadi nyesel selama ini putus asa,dan stop untuk nulis karna kalah waktu ikut lomba menulis.
    Tapi sekarang aku akan kembali nulis lagi Thanks ya kak Arumi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam Nabila. Makasih sudah mampir ke blogku. Semangat terus yaaa. Harus pantang menyerah, jadi penulis memang harus tangguh. Semoga kelak bisa terwujud cita-cita kamu :)

      Hapus
    2. aminnn...
      makasih kak....

      Hapus
  7. Assalamu'alaikum Kak Arumi, saya suka sekali membaca postingan ini. Semangat menjadi penulis produktif, itulah yang membedakan Kakak dengan penulis novel yang lain. Walau banyak rintangan, tetap pantang menyerah dan semakin kreatif. Salut, Kak Arumi. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam Indriani. Terima kasih sudah mampir blog-ku. Alhamdulillah jika memberi semangat. Yuk, sama-sama semangat yaaa :)

      Hapus
  8. u're so gorgeus! wah. hebat bgt karya karyanya bejibun :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ... terima kasih Nena sudah mampir dan meninggalkan komentar. Maaf ya baru sempat balas 😊

      Hapus
  9. assalamualaikum kak
    aku mau nanya, kalau mau kirim novel ke penerbit, langsung disertai gambar atau ngga kak?
    terus kalau langsung disertai gambar, boleh ambil dari blog orang lain ngga?
    terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam.
      yang dikirim naskah aja. Gambar nanti diurus penerbit. Saranku jangan pernah mengambil foto atau artikel dari blog orang lain yaa... apalagi tanpa izin. Karena nanti bisa dituntut ke pengadilan. Hati-hati jangan sampai melanggar hak cipta orang lain.

      Hapus
  10. Mba klo referensih lomba gt ada gg diblog atau sosmed selain twitter? Aku mau buat novel yang education

    BalasHapus
  11. diantara terarik untuk menulis sama takut juga takut gagal lah. takut gabisa ngelewatin tahap2 setelah itu lah, tapi pengen banget buat nulis bahkan ini lagi proses pembuatan naskah haha minta doa nya ya kak ^^

    BalasHapus