Kamis, 24 Juni 2010

Kumpulan Cerpen : KOLASE, Pernik Kehidupan


Judul Buku Kumpulan Cerpen : KOLASE, PERNIK KEHIDUPAN
Pengarang : Sebelas penulis perempuan
Penerbit : Rumah Pena Publishing (Cetakan 1, Mei 2010)
Tebal : 133 halaman
Harga : Rp 35.000,-

PERNAK PERNIK KEHIDUPAN MANUSIA
Hidup ini seperti Kolase. Di mana banyak potret peristiwa masa lalu yang disusun acak tapi menarik. Semua kejadian dalam hidup setiap manusianya pada dasarnya adalah pernak-pernik kehidupan.

Inilah yang mengawali ide sehingga kumpulan cerpen yang terdiri dari sebelas cerita yang ditulis oleh sebelas penulis yang berbeda di setiap cerita, diberi judul : KOLASE, PERNIK KEHIDUPAN. Penulis-penulis yang tergabung dalam Kumpulan Cerpen ini adalah penulis-penulis yang telah banyak menghasilkan karya tulisan, ada yang telah menulis banyak novel, menulis skenario film televisi, maupun menulis cerita-cerita pendek.

Benang merah semua cerita yang terangkum dalam kolase adalah : CINTA, cinta di sini bukan hanya kisah cinta antara sepasang kekasih, tapi cinta yang lebih luas, universal. Ada kisah cinta seorang bayi yang masih di dalam kandungan kepada ibu yang mengandungnya, cerita ini terdapat dalam cerpen berjudul BUAH HATI SEPTI karya Arumi. Cinta terpendam seorang cacat kepada tunangan saudara kembarnya yang mengulik keingintahuan dapat disimak dalam cerpen berjudul : CINTA UNTUK DAMAI buah karya Achi TM. Ada juga cerita yang berkisah tentang cinta seorang kakak kepada adiknya yang autis, cerita ini berjudul : CINTA DUA MITA, ditulis dengan apik oleh Evie. Suasana pantai yang romantis dipilih sebagai setting kisah yang juga romantis tentang cinta yang dipendam selama delapan tahun dalam cerpen berjudul DELAPAN TAHUN karya Tochterty.

Kisah tentang perselingkuhan mungkin sudah sering kita dengar, tapi dalam cerpen berjudul DILEMA HATI RAHADI karya Riri Ansar, akhir ceritanya sungguh mengejutkan dan sayang bila dilewatkan. Ada lagi kisah unik yang terjadi di California, tentang seorang remaja blasteran Indonesia-Amerika yang diam-diam jatuh cinta pada teman ibunya yang lebih pantas menjadi pamannya. Cerita menarik ini dapat dinikmati dalam cerpen berjudul THE PROMISE I HAVE MADE karya Rachma MJ.

Cerpen berjul RIVAPUJI karya Widuri, seolah ingin menjabarkan, bahwa cinta kadang termaknai dengan aneh, hingga tak jelas apakah itu bisa disebut cinta atau hanya obsesi seprang ikhwan psikopat. Bahkan cinta bukan hanya bisa terjadi antara seorang pria dan seorang wanita. cinta dapat menelusup diam-diam dalam hati seorang pria kepada sahabat prianya., cerita ini dapat disimak dalam cerpen berjudul : OH MY GOD! karya Yuni Fitriyani.

Di antara beragam kisah cinta, tak luput juga cerita tentang seorang remaja SMU yang berjuang mempertahankan prinsipnya yang anti pacaran sebagai bentuk nyata dari usahanya menjalankan perintah agama dengan sebaik-baiknya. Kisah ini terjalin dalam cerpen berjudul UJIAN PERTAMA UNTUK JILBAB ZAHRA karya Putri Zakiyyah. Bahkan uneg-uneg seorang ibu muda yang memutuskan berhenti berkarir agar dapat lebih fokus merawat balitanya, dapat menjadi cerita menarik dengan metode penulisan baru, kisah ini ada dalam cerpen berjudul METAMORFOSIS karya Lulu Elmaknun. Dan kisah cinta masa lalu bisa terungkap hanya dari pertemuan kebetulan di sebuah perpustakaan. Kisah menarik dan membuat penasaran ini ada cerpen berjudul SUATU SIANG DI LIBRARY karya Ifa Avianty.

Buku Kumpulan Cerpen berjudul KOLASE, PERNIK KEHIDUPAN ini merupakan buku perdana yang diterbitkan oleh Rumah Pena Publishing. Rumah Pena sendiri selain bertujuan untuk menerbitkan buku-buku bermutu, juga merupakan wadah bagi pelajar, mahasiswa, pekerja dan masyarakat umum untuk mengembangkan minat dan bakatnya di bidang kepenulisan.

Buku Kumpulan Cerpen ini dipasarkan secara indie, karenanya tidak dijual di Toko Buku. Bagi yang berminat untuk memiliki buku ini bisa langsung memesan dengan mengirimkan sms ke 081399279299. Tuliskan nama, jumlah pesanan dan alamat yang dituju. Pembayaran bisa lewat transfer. Silakan gabung juga di grup KOLASE PERNIK KEHIDUPAN, atau add Facebook-nya : Kolase Pernik Kehidupan
( Arumi, penulis cerita anak dan remaja)

4 komentar:

  1. hai mbak arumi :) salam kenal ya. aku pengen pesen buku kumpulan cerpen kolase nya. kira kira masih ada nggak?

    BalasHapus
  2. Halo Altara...salam kenal juga...maaf, aku telat banget balas komentar kamu, karena aku salah setting komen blog jadi ga tahu kalau ada yang komen... :) Sayangnya Kumpulan Cerpen Kolase 1 sudah habis. Yang masih ada Kumpulan Ceren Kolase 2.

    BalasHapus
  3. @Noriz : terima kasih... terima kasih juga ya sudah mampir di blog ini :)

    BalasHapus