Laman

Minggu, 11 Oktober 2015

Berapa lama proses seleksi naskah di penerbit?

Halo kawan-kawan semua ...

Saya tahu, blog saya ini bukan blog yang banyak pengunjungnya. Karena, yaaa, saya bukan penulis top se-Indonesia. Baru top serumah saya saja ^_^

Saya amati, postingan saya yang terpopuler adalah  "Tahajud Cinta Di Kota New York". Saya akui, novel ini memang paling banyak mendapat respon positif, menyusul kemudian "Hatiku Memilihmu", Lalu "Monte Carlo", "Eleanor" dan berharap "Merindu Cahaya de Amstel".

Namun anehnya, beberapa bulan ini, kepopuleran postingan "Tahajud Cinta di Kota New York" tergeser oleh postingan berjudul "Tips Kirim Naskah". Apalagi postingan ini mendapat banyaaaaaaaaak sekali pertanyaan pembaca. Sering kali pertanyaannya berulang, yang membuat saya harus menjawab dengan tegas supaya "MEMBACA SEBELUM BERTANYA".

Ini menunjukkan betapa banyak yang bercita-cita ingin memiliki novel karya sendiri yang terbit secara nasional dan terpajang di toko buku.

Sesungguhnya, kawan, sangat melelahkan menjawab berulang kali pertanyaan yang sama, padahal penjelasannya sudah ada. Sering kali pula pertanyaan disertai catatan, tolong dijawab segera ....

Ah, untunglah saya termasuk sabar. Paling kalau ada yang begitu, saya malah menjawabnya nanti-nanti saja. Karena itu, kali ini saya akan berbagi dengan teman-teman yang berniat menerbitkan naskahnya, bagaimana agar tulisan kamu menarik perhatian penerbit.

Pertama-tama, sebelum kamu memutuskan ingin menjadi penulis, pikir-pikir dulu, apakah kamu yakin kamu tahan banting, tidak mudah menyerah, sabar menghadapi caci maki pembaca dan kritikus serta sabar menunggu kabar dari penerbit? Jika jawabannya tidak, maka sebaiknya kamu pertimbangkan lagi cita-cita indah kamu ingin menjadi penulis.

Karena sekali lagi saya tegaskan, "MENJADI PENULIS ITU TIDAK GAMPANG!"

Di postingan sebelumnya saya sudah berbagi pengalaman berjuang di dunia kepenulisan. Saya memulainya sejak tahun 2005, ketika cerpen saya dimuat pertama kali di Aneka Yes! dengan honor 75.000 rupiah.

Memang tidak seberapa, tapi saya senang dan kemudian bersemangat menulis cerpen lainnya lalu mengirimkannya ke berbagai majalah. Alhamdulillah, cerpen-cerpen saya dapat diterima di beberapa majalah, seperti Kawanku, Hai, Story, Wonder Teen, Sekar, Girls, Bobo hingga Kompas Anak. Hingga total cerpen saya yang dimuat di media kurang lebih berjumlah 60 cerpen.

Barulah kemudian saya mulai meningkatkan cita-cita ingin menulis naskah novel dan bermimpi bisa diterbitkan. Tidak harus di penerbit ternama, yang penting terbit dulu dan terpajang di toko buku Gramedia.

Dulu, rasanya membuat novel itu sulit sekali bagi saya yang terbiasa menulis cerpen. Novel pertama yang saya buat saya beri judul "Semburat Jingga di Mega Mendung" (yang beberapa tahun kemudian, tepatnya tahun 2014 akhirnya terbit di Gramedia Pustaka Utama dengan judul "Pertemuan Jingga")

Naskah ini pernah saya ikutsertakan lomba menulis novel tapi gagal menang. Kemudian naskah novel itu mengendap lama tak tersentuh.

Saya mencoba membuat naskah novel lain, berupa cerita remaja. Lalu mengirimnya ke sebuah penerbit. Hingga kemudian naskah itu ditolak 3 penerbit. Berapa lama waktu saya menunggu kabar dari penerbit? Ada yang 3 bulan, ada yang 4 bulan, ada yang 6 bulan. Dan semua mengabarkan berita buruk, naskah saya ditolak.

Apakah saya berputus asa? Tentu tidak. Sejak tahun 2010, saya memutuskan berhenti menjadi pegawai di bidang arsitektur dan fokus membangun karir menulis saya.

Hingga kemudian saya bertemu teman yang menjadi agen naskah di sebuah penerbit. Teman saya ini menyampaikan kabar kesempatan mengirim naskah cerita Korea ke penerbit tersebut. Tapi syaratnya, saya harus memakai nama pena yang berbau Korea, tidak boleh memakai nama asli. Saya pikir saat itu, ini adalah kesempatan baik yang tak boleh saya lewatkan. Saya sangat ingin memiliki novel hasil karya sendirian yang terbit dan beredar secara nasional. Maka saya terima kesempatan itu hingga akhirnya saya berhasil menebitkan 4 novel cerita Korea dan 1 novel cerita Jepang, semuanya dengan nama pena.



Bayangkan, di tahun 2012, saya akhirnya berhasil menerbitkan 5 novel tapi semuanya memakai nama pena dan tidak boleh mencantumkan identitas pribadi yang sebenarnya. Saya jalani semua itu tanpa mengeluh, saya anggap sebagai sebuah proses untuk cita-cita saya yang lebih tinggi, novel saya terbit di penerbit ternama dengan nama asli saya terpampang di cover depannya.

Di bulan Desember tahun 2012 akhirnya saya mendapat kesempatan menerbitkan novel pertama dengan nama asli saya, Arumi. Novel itu berjudul "Cinta Bersemi di Putih Abu-abu".



Tak lama terbit lagi novel saya berduet dengan sahabat saya Selvy, berjudul " Cinta Yang Sempurna". Sampai kemudian akhirnya saya menerbitkan novel yang sangat saya sukai, "Tahajud Cinta di Kota New York" dengan nama Arumi E. di cover depannya. Ah, rasanya bahagia sekali. Apalagi ternyata novel ini banyak disukai pembaca.



Apakah perjuangan saya dan masa-masa penuh airmata berakhir setelah novel ini terbit? Oooh tentu tidak, kawan. Masih panjaaaaaaaaaaang kesengsaraan yang harus saya lalui di dunia kepenulisan. Penuh liku, proses jatuh bangun yang menguras emosi, menggerus mental tapi untunglah saya sudah bertekad, SAYA TIDAK MENYERAH!

Karena kesuksesan "Tahajud Cinta di Kota New York", kemudian saya dihubungi kepala editor Grasindo dan ditawarkan untuk mengirim naskah saya ke sana.  Tentu saya sangat bahagia dan menerima tawaran itu. Saya kirim naskah saya yang berjudul "Amsterdam Ik Hou Van Je." Bukan hanya editor Grasindo yang menghubungi saya, tapi juga editor Gagas Media yang kemudian menawarkan saya menulis naskah "Monte Carlo". Editor Bukune pun menghubungi saya. 

Begitulah kawan. Saat salah satu naskah yang kamu tulis bernasib baik, maka kamu akan mendapat perhatian dari penerbit. Peluang bagi kamu terbuka untuk mengirim naskah terbaikmu kepada mereka.

Namun seperti yang saya ceritakan sebelumnya, biasanya kesuksesan itu tidak bisa diraih dengan jalan mulus,  Selalu ada kerikil-kerikil tajam yang menyertainya.

Salah satu yang harus kamu persiapkan saat kamu memutuskan ingin menjadi penulis adalah kekuatan mental, tahan banting saat mendapat makian dan kritik pedas dari pembaca.

Itulah yang saya alami. Ada kesalahan yang tanpa sadar saya lakukan karena belum paham dunia kepenulisan. Saya belajar menulis secara otodidak, hanya dari buku-buku yang saya baca. Pernah dahulu sekali di tahun 2003 saya belajar menulis di FLP tapi hanya beberapa bulan. 

Kesalahan itu adalah salah mengolah data mengenai setting tempat di novel Amsterdam Ik Hou Van Je. Kemudian saya merasakan kekejaman media dunia maya yang bisa menjungkirbalikan nama baik seseorang hingga ke tempat paling dasar. Satu orang berkata buruk lalu menyebarkannya, maka yang lain percaya tanpa punya keinginan untuk bertanya dulu tentang kebenarannya. Sungguh masa-masa yang menguji kekuatan mental.

Karena itulah saya ingatkan kepada teman-teman yang ingin menulis cerita dengan setting kota yang belum pernah kamu kunjungi, saat kamu mencari data dan informasi tentang kota itu, olah data-data yang kamu dapatkan dengan kata-kata kamu sendiri. Jangan hanya menambah atau mengedit informasi dari artikel yang sudah ada tentang kota tersebut. Ingat, selalu gunakan kata-katamu sendiri. Pikirkan dan ciptakan kalimat-kalimatmu sendiri. Jangan sekali pun kamu berani mengambil kata-kata penulis lain. Sekali saja kamu lakukan, akibatnya akan sangat fatal. Kamu akan dicap sebagai plagiator dan itu adalah vonis paling hina buat seorang penulis. Karena penulis adalah pencipta rangkaian kata, seorang penulis dituntut untuk memikirkan dan membuat sendiri kalimat-kalimat yang ditulisnya. Ini salah satu tips dan peringatan dari saya ya teman-teman. Jangan dilupakan.

Apakah saya menyerah? Hampir. Tapi kemudian saya berpikir, saya tidak boleh berhenti menulis. Alhamdulillah editor-editor yang menangani naskah saya masih mendukung saya dan memberi semangat. Hingga akhirnya saya bisa menyelesaikan naskah Monte Carlo dan terbit di Gagas Media sebagai salah satu seri setiap tempat punya cerita.



Nah, kamu, yang bercita-cita ingin menjadi penulis, jika kamu mengalami apa yang saya alami, apakah kamu akan menyerah dan membiarkan dirimu terpuruk, ataukah sanggup seperti saya, bangkit berdiri, tetap berjalan, bahkan semakin cepat untuk membuktikan kepada semua orang bahwa saya sungguh-sungguh bisa menulis dan Insya Allah tulisan saya memberi inspirasi bagi yang membacanya walau mungkin hanya inspirasi kecil.

Naskah saya malah diterima oleh Gramedia Pustaka Utama dan terbit berjudul "Hatiku Memilihmu". Alhamdulillah, novel ini pun mendapat sambutan positif pembaca.



Kemudian berturut-turut novel saya terbit di Gramedia Pustaka Utama, "Pertemuan Jingga", "Eleanor" dan yang terbaru "Merindu Cahaya de Amstel" Selain itu dua novel saya juga terbit di Elex Media, "Unforgotten Dream" dan "Cinta Valenia".








Sebelum saya menjawab judul postingan ini, saya ingin menyampaikan juga, bahwa di antara segala kesuksesan menerbitkan beberapa naskah novel di penerbit-penerbit ternama, bukan berarti jalan selanjutnya akan selalu mulus.

Persiapkan juga keadaan ini, jika kamu berniat menjadi penulis, kamu tidak boleh marah atau putus asa saat salah satu naskah kamu sudah siap terbit, sudah di layout, sudah dibuatkan cover, bahkan sudah mohon bantuan pembaca memilih cover, tapi akhirnya naskah itu batal diterbitkan. 

Kamu harus siap menerima keadaan ini, karena hal seperti ini mungkin saja terjadi. Jangan merengek, apalagi marah. Itu adalah resiko menulis. Contohnya saya, tidak kesal sedikit pun. Saya percaya, setiap naskah sudah punya takdirnya sendiri-sendiri. Jika satu naskah gagal terbit di sebuah penerbit, bukan berarti nasibnya berakhir. Naskah itu bisa dikirim ke penerbit lain. Bisa juga dirombak lagi menjadi genre lain lalu dikirim ke penerbit yang lebih baik. Niscaya nasibnya mungkin malah lebih baik dibanding jika terbit di penerbit sebelumnya.

Poin dari penjelasan panjang lebar di atas adalah untuk menjawab banyaknya pertanyaan yang ditujukan ke saya, baik melalui komen atau email mengenai lamanya waktu menunggu kabar dari penerbit.

Saya jawab di sini, tidak ada kepastian berapa lama kamu akan mendapat jawaban dari penerbit. Kamu sendiri yang memutuskan bagaimana nasib naskahmu. Karena itulah yang saya lakukan. Saya TIDAK PERNAH BERTANYA tentang kabar naskah saya. Saya yang membuat sendiri batas waktunya. Jika dalam setahun belum juga ada jawaban, maka naskah tersebut akan saya tarik. Saya kirim surat penarikan naskah. Tapi jika saya masih berharap naskah itu bisa diterbitkan di penerbit tersebut, maka saya akan sabar menunggu sampai kapan pun. 

Contohnya, Gramedia Pustaka Utama. Penerbit yang satu ini tidak bisa memastikan kapan kamu akan mendapat kabar nasib naskah kamu. tahukah kamu, berapa naskah yang masuk ke redaksi Gramedia Pustaka Utama? Ribuan. 

Jalan terbaik dan saran dari saya, teruslah menulis. Jangan hanya menulis satu naskah lalu berdiam diri cuma fokus menunggu kabar naskah itu. Buatlah banyak naskah. Teruslah menulis. Menunggulah sambil menulis. Hingga kamu tak sadar saat tiba-tiba saja editor penerbit itu menghubungimu dan menyatakan naskahmu diterima.

Jadi inilah kesimpulan dari seluruh pengalaman saya selama sepuluh tahun berkecimpung di dunia kepenulisan. Untuk menjadi seorang penulis, kamu harus punya mental baja, jangan cengeng dan berhati lemah. Tegar dan tangguh, pantang menyerah. Dan yang paling utama adalah sabaaaaaaaaaaaar. Jika belum apa-apa kamu sudah galau nggak sabar nunggu kabar nasib naskahmu, pikir-pikir lagi deh soal cita-citamu jadi penulis novel. Karena menunggu kabar nasib naskahmu itu cuma secuil dari tantangan yang harus kamu hadapi di dunia kepenulisan. Banyak tantangan lain yang lebih menyayat hati dan butuh mental baja untuk tetap mampu bertahan.

Ohya, ada satu saran lagi dari saya untuk penulis pemula yang masih berjuang mengirim naskah ke penerbit. Jangan jadi penulis cerewet. Kecerewetanmu bisa jadi boomerang lho. Tanpa sadar bisa bikin kamu di-blacklist editor. Cerewet di sini dalam arti terlalu banyak nanya nasib naskah kamu saking nggak sabarnya. Atau nanya kapan royalti dikirim, kapan bukti terbit dikirim, dll. Nanya sekali sih masih oke. Tapi kalau nanya berkali-kali tanpa kamu sadari kamu bisa bikin editor bete dan memasukkan kamu ke daftar blacklist mereka. Ini salah satu curhat editor lho. Karena itu yang juga penting bagi seorang penulis selain sabar, tangguh, bermental baja, mau terus belajar, adalah menjaga attitude kamu. Jangan jadi penulis yang nyebelin. 

Isi waktu menunggumu dengan banyak membaca, menambah wawasan dan terus melatih teknik menulismu.

Demikian sharing saya kali ini tentang lika liku dunia penulisan. Selamat berjuang. ^_^

NB : saat ini, postingan "Tahajud Cinta di Kota New York" kembali menjadi entri paling populer nomor satu di blog saya ini ;)





27 komentar:

  1. Prosesnya ituloh yang sesuatu, mungkin memang betul mentalnya kudu kuat. Semua orang melihat sekarang Mbak Arumi udah sukses. Padahal dulu ya dari bawah juga. :) Makasih semangatnya ya, Mbak.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Vindy. Proses menerbitkan buku itu nggak mudah. Penuh airmata...ciee...hihihi. Vindy mungkin pernah ngalamin juga. Ternyata dunia kepenulisan itu keras. Banyak intriknya. Hanya yang bermental baca yang mampu bertahan. Sama-sama semangat Vindy :)

      Hapus
  2. Kak :) aku baru berumur 14 tahun., Tetapi aku berniat membuat novel aku ingin minta kritikan kakak akan novel ku :) Apakah boleh? Jika boleh saya minta email ya kak :)

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum Kak Arumi...
    Kalau novel cinta remaja (17-24 tahun) Kirim ke mana ya yang bagus, apakah Bukune jadi pilihan yang tepat?"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam Nikita. Coba deh baca postingan terbaru saya tentang penerbit BIP yang sedang mencari naskah. Siapa tahu bisa dikirim ke sana. Selamat berjuang yaa :)

      Hapus
  4. Assalamu'alaikum. Mbak Arumi.
    Saya penulis pemula. Saat membaca beberapa postingan penerbit. Saya tertarik dengan postingan dari penerbit bentang pustaka sebagai penerbit yang mewelcome penulis pemula. Sudah sebulan saya mengirimkan naskah dan saya belum menerima hasil evaluasi. Bolehkah jika saya mengirim naskahnya ke penerbit lain saja? atau etiskah jika kita berkunjung ke rumah editor langsung untuk berkonsultasi tentang naskah novel kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam, Mas Rizal. Sebulan itu belum apa-apa. Saya bahkan pernah menunggu 2 tahun. Mesti disadari, yang mengirim naskah itu banyak sekali. Penerbit butuh waktu untuk menyeleksinya. Tapi kalau mau berkunjung ke kantor penerbit silakan saja. Siapa tahu diterima dengan tangan terbuka. Selamat berjuang dan belajar sabar.

      Hapus
  5. emnag harus kuat mental ya mba, saya juga lagi nyoba nulis, tapi udah dua hari gk nulis lagi gara-gara hilang ide hehehehe. tapi berkat postingannya mba, saya mulai semangat lagi buat nulis.
    terimakasih ya mba

    BalasHapus
  6. Mbak boleh kasih tau how to make a proposal novel yang benar? ^^ terimakasihhh :D

    BalasHapus
  7. mbak...kalau boleh tahu kalau ngirim ke gramedia itu maksimal nunggu pengumumannya kapan ya mba???saya sudah nyoba ngirim tapi sampai empat bulan belum ada kabarnya

    BalasHapus
  8. Mbak arumi, saya sangat terbantu sekali dengan motivasi yg mba berikan. Kebetulan saya juga sedang menulis novel pertama saya. Saya sebenarnya sangat membutuhkan saran dan kritik namun saya tidak mempunyai kenalan penulis. Mungkin mba arumi bisa membantu saya atau kita bisa sharing

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Mba arumi saya sangat termotivasi sekali dengan tulisan ini. Kebetulan saya juga masih pemula. Sebenarnya saya sangat membutuhkan saran dan kritik untuk novel pertama saya tapi saya tidak punya kenalan penulis. Mungkin mba arumi bisa membantu atau kita bisa sharing.

    BalasHapus
  11. mbak, mau tanya, apakah setiap naskah yg ditolak itu selalu mendapatkan email dari penerbit? naskah sy sdh 3 bulan sy kirim ke grasindo, tapi blm ada feedback apapun. apakah itu berarti ditolak atau bagaimana ya? semoga mbak arumi berkenan membagi pengalamannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak selalu mereka kirim email penolakan. Kalau saya, saya yang tegas. 3 bulan ga ada kabar, saya kirim email penarikan naskah saya tersebut. Toh, masih banyak penerbit lain yang mungkin lebih cocok dengan naskah saya.

      Hapus
  12. terimakasih kak atas sharingnya, saya menjadi semangat untuk melanjutkan mimpi saya :) tetap semangat dan menjadi inspirasi ya mba :)

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Mbak Arumi, mau tanya. Kalau semisal naskah kita ditolak oleh penerbit A lebih baik dibenahi dan dikirim ke penerbit A atau ke penerbit lain? Kalau untuk GPU kan katanya 3-6 bulan di meja redaksi, apakah kalau sudah 6 bulan lebih itu naskah positif ditolak? Kalau berdasarkan pengalaman Mbak Arumi bagaimana? Terima kasih

    BalasHapus
  15. Salam kenal Mba Arumi. Saya hobi nulis, hobi banget. Namun, belum selihai mbak. Mohon sharing ilmunya yaaa. makasih

    BalasHapus
  16. Salam kak, saya ingin bertanya, saya sudah mengirimkan naskah kurang lebih 10 bulan yang lalu dan sampai sekarang belum ada kabar dari penerbit. Apakah itu artinya naskah sudah di tolak, kak?
    Terima kasih

    BalasHapus
  17. Masyaallah. Senang membaca proses kreatifnya, Mbak Arumi. Ternyata dulu cerpenis dulu, yah.

    Ya, Mbak. Saya termasuk yang pernah baca ulasan soal kasus Ik Hou Van Je itu di blog seseorang. Tapi enggak ikut menyebarkannya. Hanya merasa prihatin dalam diam. Saya sendiri belum baca novel itu jadi belum cross-check isi blog itu terkait cara penggambaran setingnya. Kalau untuk ide, saya yakin idenya murni milik Mbak Arumi, kan.

    Kasus itu bikin saya mikir apa berarti saya perlu menyertakan semua sumber referensi saya di belakang novel yang saya tulis seperti buku nonfiksi?

    Tapi lalu saya lihat Mbak Arumi tetap berkarya dan penerbit pun tetap menerima. Bagian ini yang buat saya menarik. Bagaimana Mbak bisa bangkit dan terus memperbaiki diri, serta berhasil membuat banyak orang masih tetap percaya dengan kiprah Mbak Arumi. Saya enggak bisa bayangkan kalau saya yang ada di posisi Mbak. Tentunya tidak mudah. Jadi saya salut dengan keberanian Mbak untuk terus melangkah ke depan.

    Terakhir saya tahu Mbak Arumi jadi mentor salah satu kawan saya yang ikut Belia Writing Marathon 3 (untuk naskah Starstruck Syndrome-nya Mbak Aya Widjaja). Sebenarnya saya penasaran sih behind the scene bagian mentoringnya hehe. Mbak Aya-nya sibuk jadi enggak tega membombardir kotak chat WAnya dengan terlalu banyak pertanyaan beruntun dalam satu waktu.

    Anyway mungkin saya akan datang lagi ke postingan Mbak yang lain di lain waktu. Semoga bisa menimba ilmu yang berkah dari sini :)

    Salam kenal

    Gusti A.P.

    BalasHapus
  18. Terimakasih atas motivasi dan sharing pengalaman di dunia kepenulisan kak Arumi.
    Memang menurut pengalaman saya menjadi seorang penulis itu nggak gampang, harus memiliki mental yang kuat dan nggak gampang putus asa. Pastinya harus sabarrrrrrr banget.
    Dan Alhamdulillah buku saya sudah terbit 2 judul, saya akan terus memasuki dunia literasi lebih dalam lagi, agar karya-karya saya bisa dinikmati oleh pembaca dengan baik.
    Salam literasi

    Alya Sadiah Noverlyta.

    BalasHapus
  19. Terimakasih atas motivasi dan sharing pengalaman di dunia kepenulisan kak Arumi.
    Memang menurut pengalaman saya menjadi seorang penulis itu nggak gampang, harus memiliki mental yang kuat dan nggak gampang putus asa. Pastinya harus sabarrrrrrr banget.
    Dan Alhamdulillah buku saya sudah terbit 2 judul, saya akan terus memasuki dunia literasi lebih dalam lagi, agar karya-karya saya bisa dinikmati oleh pembaca dengan baik.
    Salam literasi

    Alya Sadiah Noverlyta.

    BalasHapus
  20. Hallo, Mbak Arumu.

    Apa pendapat Mbak Arumi, mengenai event menulis yang diadakan oleh penerbit indie bagi penulis pemula?

    BalasHapus
  21. Halo, mbak Arumi.
    Keren keterangannya, terimakasih telah menerangkan, saya sangat terbantu. 🙏💕 love

    BalasHapus