Rabu, 19 Desember 2012

Audisi Menulis Cerpen Anak


Yuhuuuuu, buat teman-teman yang suka menulis, ini ada event menulis baru loooh....AUDISI ANTOLOGI KEMANUSIAAN SENYUM TAHAP 2 dengan tema CERPEN ANAK (CERNAK)
Simak yuk, cara ikutnya....

Syarat Teknis Penulisan Cernak :

1. Font: Arial

2. Ukuran font: 12

3. Jarak baris: 1,5

4. Banyak kata: 600 – 700 kata, kira-kira 2 halaman A4

5. Tidak boleh menyertakan nama penulis di naskah cerpen, tulis naskah cerpen dengan subjek : NASKAH CERNAK ANTOLOGI KEMANUSIAAN SENYUM 2. Biodata penulis ditulis di word terpisah, dengan didalamnya menyertakan judul cerpennya. Biodata penulis dikirim dengan subjek : BIODATA PENULIS CERNAK ANTOLOGI KEMANUSIAAN SENYUM 2

6. Cernak harus menyertakan 3 kata kunci berikut di dalam ceritanya : Taman Bacaan, Buku, dan Senyum

7. Kirim ke email : senyumcendolers@yahoo.co.id

8. DL : 30 Maret 2013 (masih lama kan, hehe)

9. Harus mengandung amanat dalam ceritanya

10. Maksimal boleh mengirimkan 2 cernak


Syarat Umum Penulisan Naskah CERNAK :


1. Cerita harus asli, tidak menjiplak karya orang lain.

2. Cerita tidak mengandung unsur kekerasaan, pornografi, atau yang menyinggung SARA (suku, agama dan ras)

3. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik.

4. Alur cerita dan permasalahan cocok untuk anak-anak usia SD, range usia 6 s/d 13 tahun.

5. Bentuk antologi ini adalah antologi kemanusiaan, jadi dari pihak Perpustakaan Senyum, jika naskah ini sudah terbit, penulis tidak mendapatkan royalti, kami hanya memberikan reward berupa 1 buah buku sebagai bukti terbit.


Sama halnya dengan naskah senyum, kami juga memberikan kesempatan kepada para ilustrator berbakat untuk mencoba menggambar cover untuk antologi senyum tahap kedua. Antologi senyum tahap 1 covernya pernah dibuat oleh 3 ilustrator muda : Satsuki Borunababan (Sondang Nababan), Shela Sherenita, dan Paulus Nugroho. Dan mereka dengan sukarela menggambar untuk Senyum. Hingga akhirnya terpilihlah ilustrasi milik Satsuki Borunababan. Jadi sama ketentuan dengan naskahnya, jika terpilih nanti, kami tidak akan memberikan reward apapun sebagai honornya, hanya 1 buah buku antologi sebagai bukti terbit. Maklum ini adalah jenis antologi kemanusiaan. Senyum tak mempunyai kas banyak berkenaan tentang hal ini.

Jika berminat silahkan kirim gambar kalian ke email : senyumcendoler@yahoo.co.id (subjek : ILUSTRASI COVER ANTOLOGI SENYUM TAHAP KEDUA). Untuk mengetahui syarat teknisnya dan gambar seperti apa yang Senyum butuhkan, bisa tanya via email tersebut.

Salam

Panitia Senyum

Telah terbit, antologi terbaru: SENYUM


TELAH TERBIT!

Buku Kumcer yang didedikasikan untuk membantu berdirinya perpustakaan senyum bagi anak-anak jalanan.

SENYUM

Ada Cinta, Persahabatan dan Canda Tawa

Penerbit : Universal Nikko

Kategori (Sub) : Fiksi (Kumcer)

ISBN : 978-602-9458-21-3

Seluruh Kontributor :

Mayoko Aiko | Indah Hanaco | Sondang Nababan | Lonyenk Rap | Impian Nopitasari | Angri Saputra | Arumi Ekowati | Alfian Daniear | Hilal Ahmad | Jacob Julian | Prima Sagita | Ari Keling | Setiawan D Chogah | Astuti Parengkuh | Dedek Fidelis Sinabutar | Fuan Fauzi | Nafilah Nurdin | Akarui Cha | Ikbal Tawakal | Wiwin Faresha Al Ghifari | Ryourie | Widi Astuti


Edisi⁄Cetakan : I, 1st Published

Tahun Terbit : 2012

Harga : Rp 49.500,-



SENYUM. Satu kata yang sederhana tetapi memiliki banyak makna. Sebuah perpustakaan kecil di daerah Bogor Selatan yang menamakan diri Perpustakaan Senyum adalah wadah membaca yang awalnya tumbuh dalam kesederhanaan, tapi seketika menguat tatkala keinginan dan minat anak-anak yang makin besar terhadap buku. Rasa cinta, persahabatan dan canda tawa dari para sahabat senyumlah yang mengokohkan kebersamaan ini. Selama 2 tahun sudah perpustakaan ini bertahan dalam dimensi yang penuh liku. Walau begitu, perpustakaan ini tidak pernah lupa akan tujuan awalnya yang ingin menyapa anak-anak jalanan yang sebenarnya lebih membutuhkan sarana membaca dan belajar. Dari keyakinan inilah antologi amal ini terlahir. Cinta dari para sahabat senyum yang menguatkan kami untuk keterbatasan mereka.


Inilah 23 kisah yang dikemas secara unik dan penuh hikmah oleh para sahabat senyum, karena sesungguhnya cinta adalah senyum, dan senyum adalah cinta. Keduanya saling berkait dan tak terpisahkan satu sama lain.

Dalam antologi Kumcer ini, aku ikut menyumbangkan karya berjudul "Siwon Wannabe"

Siwon Wannabe

By: Arumi Ekowati

“Gue suka cowok yang mirip Siwon Suju (Super Junior). Keren banget kan? Sama-sama atlit taekwondo juga. Selain itu jago menyanyi dan berakting. Seperti itulah cowok idaman gue.”

pernyataan Gaby tentang profil cowok idamannya itu membuat Delon sedikit ciut. Gaby suka cowok mirip Siwon? Siwon itu yang mana ya?

...

Delon memulai usahanya untuk bertransformasi menjadi mirip Siwon dengan mendaftar latihan taekwondo di sekolahnya. Walau akibatnya setiap habis latihan badan Delon rasanya ngilu-ngilu. Karena Delon harus banting tulang (Delon benar-benar di banting) dan memeras keringat (Delon benar-benar memeras keringat di seragam taewondonya yang basah kuyup) demi bisa berubah wujud menjadi cowok tangguh yang jago bela diri. Tapi itu tak menyurutkan semangat Delon. Tekadnya ingin menjadi jago bela diri dalam waktu singkat masih melekat kuat.

Apakah usaha Delon berhasil? Yang penasaran lanjutan ceritanya, yuuuk beli bukunya. Dengan membeli buku ini, akan mendapat bacaan seru sekaligus membantu berjalanannya perpustakaan senyum untuk anak-anak jalanan... ^_^


“Kumcer ini kaya dengan metafora multikultural. Selintas seperti sederhana tapi pada titik terjauh memiliki kedalaman kontemplasi yang ngangenin. Seperti pelangi sastra yang lahir dari keragaman sidik jari kepenulisan, juga seperti sebuah taman ketika banyak warna memanjakan kolbu pembaca. Ini yang membuat saya tenggelam. Ada deret humanisme, nestapa manusia dan pergulatan budaya yang mencengangkan. Di sini, semoga para pemilik masa depan sastra Indonesia ini, tidak berhenti di kilometer nol.”
(Tandi Skober, esais dan penikmat sastra)


“Buku ini sangat ringan dan inspiratif. Sarat dengan hitam putihnya persahabatan, full love, crying and smile.”
(Mayoko Aiko, penulis)


“Inilah realita percintaan remaja saat ini, yang lebaayyy ... yang kiyut! Yang rempong! Yang kepo! Yang mendayu! Nggak lupa, yang ajib inspiratif juga ada! Semuanya digambarkan dengan apik oleh 23 cerpenis fantastis. Mereka mengukir 23 senyum, 23 sisi, 23 suasana, 23 makna terindah dalam 23 cerita.”
(Paulus Nugroho, penikmat buku, ilustrator lepas)


Penjualan buku hanya dilakukan via online, karena antologi ini dicetak sangat terbatas. Pemesanan buku ini bisa melalui : Widi Astuti / Dia Gaara Andromeda di nomor hape 08567368262 atau FB-nya : Dia Gaara Andromeda (die_femti@yahoo.co.id) atau email senyumcendolers@yahoo.co.id


Semua keuntungan penjualan antologi ini diserahkan ke kas Perpustakaan Senyum guna membiayai sewa di lokasi baru.

Sabtu, 08 Desember 2012

Novel teenlit Arumi E. : Cinta Valenia


Akan terbit novel terbaru Arumi E.
"Cinta Valenia"

Yang sudah pernah baca kisah Valenia Mareta dan Ernest, tentunya ingin tahu bagaimana nasib mereka di kelas dua belas. Wajib deh baca novel yang satu ini. Makin seruuuu ceritanya.

Tungguin waktu terbitnya ya, 9 Juni 2014 ^_^

Judul : CINTA VALENIA
Penulis : Arumi E.
Penerbit : Elex Media 
Genre : Teen Spirit
Terbit : 9 Juni 2014



Sinopsis :

Hari pertama di kelas dua belas awalnya membuat Valenia penuh semangat. Sahabat yang kemudian menjadi kekasihnya, Ernest, tidak jadi pindah ke Medan. Ernest memilih menyelesaikan sekolah SMA-nya di Jakarta. Namun di hari pertama itu, yang terjadi sungguh di luar dugaan. Berawal karena Valenia dan Ernest tidak lagi berada di kelas yang sama. Masing-masing memiliki teman sekelas baru. 

Hubungan Valenia dan Ernest yang baru seumur jagung langsung diuji dengan kehadiran Cayla, gadis murid baru yang duduk di sebelah Ernest. Gadis pindahan dari Medan yang ternyata dulu tetangga orangtua Ernest di Medan. Sedangkan Valenia mendapat godaan terbesar karena Kafka, cowok idola banyak gadis di sekolahnya duduk tepat di belakangnya. Apalagi kemudian Kafka membujuk Valenia ikut klub drama sekolah di mana Kafka menjadi ketuanya. Sedangkan Ernest, tak bisa mengelak dari keharusan mengantar Cayla yang baru datang ke Jakarta ke mana saja, membuat Ernest tak lagi punya waktu menemani Valenia meliput untuk artikel mading sekolah.

Sanggupkah Ernest lepas dari jerat Cayla yang seringkali membuatnya tak mampu menolak ajakannya? Mampukah Valenia menepis pesona Kafka yang semakin lama semakin jelas menaruh perhatian padanya? Bisakah Valenia menghindar dari ancaman cinta lokasi saat ia dan Kafka menjadi pemeran utama dalam pementasan drama akhir sekolah?

Apakah benar sebaiknya mereka tetap bersahabat saja? Apakah memang sesulit ini mengubah status sahabat menjadi status pasangan kekasih?

Valenia dan Ernest hanya punya waktu kurang dari satu tahun untuk meyakinkan diri masing-masing siapa sesungguhnya yang paling mereka sayangi. Sebelum masa SMA mereka berakhir dan masing-masing dari mereka harus melanjutkan kuliah ke tempat yang berbeda-beda.

Hati-hati dengan Hatimu

Pagi pucat
Embun enggan hinggap
Dalam gigil kubisikkan namamu
Kau yang dalam diammu
menjejakkan rasa di sudut hatiku

Siang terik
Menjelma gurun
Kau kira mudah menanggung titipan sekeping hatimu?
Aku terdera, terhujam pilu, terperangkap gundah

Malam sunyi
Terjerat gelap
Hati kosong tak bertuan
Kau pergi ke hati yang lain
Menebar janji serupa

Tahukah kau, masih ada jejak rasamu di sini, di sudut hatiku terdalam
Kapankah kau sadar?

Mendadak Valenia sanggup menciptakan puisi ini. Ungkapan kegalauan hatinya. Siapa yang nggak galau kalau Ernest mendadak nggak peduli lagi padanya?

Cayla, Cayla, Cayla! Selalu saja Cayla yang menjadi alasan bagi Ernest untuk menolak semua ajakan Valenia.

Lalu ... hadir Kafka, cowok-yang jujur saja-lebih keren dari Ernest. Kafka yang digilai banyak cewek di sekolah, Kafka yang cool terutama saat nongkrong di atas motor sport-nya. Kafka yang ketua klub drama sekolah. Kafka yang sangat perhatian pada Valenia. Kafka yang duduk tepat di belakang Valenia dalam kelas. Kafka yang punya rahasia tak terduga ....

Siapa yang sanggup menolak pesona Kafka, ketika Ernest sudah tak peduli lagi padanya? Valenia dilanda dilema ...

Apalagi saat Kafka membujuk Valenia agar mau masuk klub drama dan ikut audisi pencarian pemeran wanita untuk drama akhir sekolah dan akan beradu akting dengan Kafka. Jika Valenia terpilih, itu artinya pertemuannya dengan Kafka akan semakin intens. Mereka akan semakin dekat. Dan keadaan berbalik, berganti Valenia yang tak punya waktu untuk Ernest, justru di saat Ernest sadar ia terlalu sering mengabaikan Valenia.

Lalu, apakah Ernest sudah terlambat?

***

Harusnya, kelas 12 menjadi tahun terakhir di SMA yang indah bagi Ernest dan Valenia yang baru jadian. Tapi yang terjadi sungguh di luar dugaan. Mereka terpisah tidak sekelas lagi. Ernest terpaksa duduk bersebelahan dengan murid pindahan bernama Cayla, dan Valenia duduk berdekatan dengan Kafka, cowok yang jujur saja lebih populer dari Ernest.

Ernest tak kuasa menolak permintaan Cayla, Valenia tak bisa menghindar dari pesona Kafka. Mampukah Ernest menyelamatkan diri dari jerat Cayla dan kembali pada Valenia? Dan sanggupkah Valenia menepis kekagumannya pada Kafka dan kembali setia kepada Ernest?

Harusnya bisa, apalagi ternyata Cayla dan Kafka punya rahasia yang baru mereka ketahui kemudian. Berpacu dengan waktu, sebentar lagi tahun terakhir Ernest dan Valenia di sekolah itu akan berakhir. Masing-masing harus segera memutuskan memilih yang mana ...

Sinopsisnya bisa juga dibaca di back covernya ini yaaa. Yuk, koleksi buku keren ini ^_^





Judul : Cinta Bersemi di Putih Abu-Abu
Penulis : Arumi E
Penerbit : Zettu
Tebal : 211 halaman
Harga : Rp 35.000,-
Tersedia di seluruh toko buku Gramedia


Sinopsis

Berbicara cinta adalah berbicara hati. Cinta akan mengalir sesuai dengan kehendaknya tanpa satu orang pun tahu kepada siapa cinta itu akan berlabuh. Hingga cinta kemudian benar-benar menemukan belahan jiwanya...

Tidak selamanya berwajah mirip artis membawa keberuntungan. Valenia Mareta yang berwajah mirip artis tetap mengalami dibully seniornya saat MOS, tetap mengalami patah hati saat senior idamannya ternyata telah memiliki kekasih, mengalami juga dijiplak semua gayanya oleh seorang cewek yang menganggapnya sebagai saingan.

Menjadi cewek populer di sekolah harus bermental tangguh. Ini juga yang dirasakan Valenia saat ia menang lomba mirip artis, tetapi malah diledek sebagai seleb KW1. Hingga kemudian Valenia bertemu Revan, seorang vokalis band yang menyamar jadi pengamen. Valenia terpesona Revan yang telah memikatnya dengan lagu yang diciptakan khusus untuknya. Hingga ia tak menyadari perhatian Ernest, cowok hobi fotografi yang memendam cinta padanya dan telah tiga kali menyelamatkannya.

Waktu yang kemudian menjawab, siapa cowok yang pantas dipilih Valenia. Apakah Revan, vokalis band ngetop yang berkali-kali datang mengusik hatinya kemudian pergi tanpa kabar atau Ernest cowok berjiwa superhero yang selalu ada setiap kali ia butuhkan?
Saat Valenia sadar siapa cowok yang akan dipilihnya, cowok itu malah memberinya hadiah perpisahan karena harus pindah ke kota lain. Valenia tak punya banyak waktu, ia harus segera mengakui perasaannya. Sebelum terlambat, sebelum ia kehilangan cinta.

...
“Elo kenapa senyum-senyum sendiri begitu, Val?”
“Gue berasa déjà vu, Nes,”
“Déjà vu?”
Valenia mengangguk.
“Gue baru sadar gue udah tiga kali pingsan dan setiap gue bangun dari pingsan, yang ada di samping gue adalah elo, Nes. Bukan mama gue, bukan papa gue, bahkan bukan Aneta yang mengaku sahabat terbaik gue. Tapi elo, Nes. Aneh ya?”
Ernest tersenyum

...
“Wah, kamu benar-benar cowok perfek, Van. Pantas saja fans kamu juga makin banyak ya…Cantik-cantik lagi,” kata Valenia lagi.
Revan tertawa.
“Kamu cemburu, Val?” tanyanya iseng.
“Cemburu? Kenapa aku harus cemburu? Kita kan enggak punya hubungan apa-apa. Aku enggak berhak cemburu, kan?” jawab Valenia, tak mau kalah menghadapi keisengan Revan.
“Jadi…maksudmu, kamu pengen kita punya hubungan apa-apa?” goda Revan.
“Aku enggak bermaksud begitu,” jawab Valenia.
Terdengar Revan tertawa kecil.

Ernest dan Revan. Siapakah yang akan dipilih Valenia?

Oya, Valenia Mareta punya twitter loh.... yuk, follow twitternya @Valenia_Mareta gosipin tentang Ernest Syailendra dan Revan Julio ... seru... :)

yang penasaran lanjutan kisahnya, yuk beli yaa...dijamin seru deh ceritanya... ^_^

Sekarang sudah terbit loh, novel karyaku yang terbaru. Yuk, koleksi juga. Nggak kalah seru nih ^_^
"HATIKU MEMILIHMU"






Cinta Bersemi di Putih Abu-Abu tersedia di Gramedia Surabaya


Buku-bukuku lainnya yang sudah terbit.
Boleh dikoleksi nih ^_^

Biografi Anak Berprestasi : Bhagas dan Jurus-Jurus Meraih Mimpi


TSE Genius Kids: Bhagas dan Jurus-Jurus Meraih Mimpi
Diterbitkan oleh Tiga Ananda, creative imprint of Penerbit Tiga Serangkai
Co-writer : Arumi Ekowati
Harga Rp22.000,00


Teringat saat hari pertama bulan Ramadan lalu, aku mendapat tugas mewawancarai Bhagas. Kebetulan saat itu bertepatan dengan hari ulang tahun Bhagas yang ke 11. Wuaaah, hebatnya Bhagas. Baru 11 tahun, tapi prestasi karatenya sudah segunung!

Akhirnya, sekarang kisah Bhagas bisa dinikmati dalam buku ini. Aku membantu Bhagas menuliskan kisahnya. Untunglah dahulu saat aku SD, aku juga sempat berlatih karate. Jadi, aku tahu deh sedikit-sedikit tentang karate. Klop deh!

Buku ini sangat menarik, bercerita tentang bagaimana sebuah prestasi diukir sejak dini oleh anak bangsa dan menyadari bahwa atlet-atlet berprestasi adalah bagian terpenting dari kejayaan sebuah bangsa.
—H. Hayono Isman, S.I.P.
(Anggota DPR RI 2009-2014, Menpora RI 1993-1998)

Bhagas, kecil-kecil cabai rawit, pedasnya menggigit, kalau kena tinjunya bisa sakit, prestasinya pun terungkit-ungkit.
—Prof. (Ris) Hermawan Sulistyo, M.A. Ph.D. APU (SEKJEN PP INKAI)


Pasti banyak yang sudah kenal Zinedine Zidane, kan? Di Indonesia juga ada Zidane loh, tetapi yang satu ini berprestasi tingkat dunia di bidang olahraga karate. Selain menguasai jurus-jurus karate, ia juga kapten tim futsal di sekolahnya.

Nama lengkap cowok ganteng ini Mohammad Zidane Bhagaskara Putra. Biasa dipanggil Bhagas atau Zidane. Lahir hari Sabtu, tanggal 4 Agustus 2001, anak kedua dari tiga bersaudara. Baru kelas enam di SDN RSBI Menteng 02. Tapi prestasinya di bidang olahraga karate sudah tingkat dunia. Melalui olahraga karate, ia banyak meraih prestasi bukan hanya dalam kejuaraan karate tingkat nasional dan dunia, tetapi juga menjadi juara jagoan cerdas serta mendapat beasiswa sekolah SMP gratis 3 tahun! Hebat ya? Bhagas juga pernah loh jadi bintang tamu di acara OVJ, profilnya juga pernah disiarkan di televisi. Itu semua bisa terjadi karena prestasinya yang cemerlang di bidang olahraga karate.

Buat adik-adik, atau teman-teman yang punya anak, ponakan tetangga yang juga berminat ingin menjadi karateka, yuk disimak di buku ini tips dari Bhagas yang luar biasa.

Beli yuk, buku ini...cocok buat hadiah dan semoga kisah Bhagas bisa memberi inspirasi buat anak-anak lain yang juga ingin berprestasi.